Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan Organisasi NATO berdiri.

Tujuan Organisasi NATO berdiri. 

Dalam Perang Dunia II, Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis yang berpaham demokrasi liberal bersatu dengan Uni Soviet yang berhaluan komunis dalam blok Sekutu. Demokrasi liberal (liberalisme) dan komunisme sebenarnya merupakan dua paham yang saling bertentangan.

Akan tetapi dalam Perang Dunia II keduanya bersatu karena memiliki musuh yang sama yaitu fasisme. Setelah musuh bersama tersebut berhasil dikalahkan, keduanya terlibat dalam pertentangan kembali. Pertentangan dua paham ini kemudian melahirkan dua blok, yaitu Blok Barat (AS) dan Blok Timur (Uni Soviet) dan dikenal sebagai Perang Dingin (The Cold War).

Tujuan Organisasi NATO berdiri.

Organisasi NATO terbentuk sebagai bagian dari perang dingin antara Blok Barat dan Blok Timur. NATO merupakan organisasi regional yang menitik beratkan perhatian dalam bidang pertahanan negara-negara Atlantik Utara. 

NATO didirikan akibat makin meluasnya pengaruh Uni Soviet dengan komunismenya di Eropa Barat serta memuncaknya ketegangan dan persaingan negara super power yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet setelah berakhirnya Perang Dunia II.

Untuk menghambat pengaruh paham komunis tersebut, maka negara-negara Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Belgia, Luxemburg, Italia, Norwegia, Denmark, Islandia, dan Portugal menandatangani naskah Perjanjian Atlantik Utara pada tanggal 4 April 1949 di Brussels, Belgia.

Tujuan NATO adalah :

a. menyelesaikan persengketaan secara damai,
b. mencegah penggunaan kekuatan militer dalam hubungan internasional,
c. menghilangkan persengketaan politik ekonomi internasional,
d. meningkatkan kerja sama ekonomi di antara negara-negara NATO, dan
e. membela negara anggota dengan prinsip bahwa serangan terhadap satu anggota berarti serangan terhadap seluruh anggota NATO.

NATO beranggotakan negara Belgia, Kanada, Denmark, Prancis, Islandia, Italia, Belanda, Portugis, Amerika Serikat, Turki, Luxemburg, Norwegia, Inggris, Yunani, Jerman Barat, dan Spanyol.

MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa)

MEE yaitu organisasi kerja sama Eropa yang terbentuk akibat kesulitan-kesulitan dalam bidang ekonomi khususnya di Eropa (Eropa Barat) setelah Perang Dunia II. Organisasi ini dibentuk berdasarkan Perjanjian Roma tanggal 25 Maret 1957.

Tujuan MEE adalah :

a. Meningkatkan dan memajukan kerja sama yang harmonis dalam bidang ekonomi.
b. Meningkatkan taraf hidup masyarakat (khususnya anggota MEE).
c. Mempererat kerja sama antara anggotanya.
d. Melarang diadakannya pembatasannya perdagangan yang akan menyebabkan retaknya pasaran bersama.
e. Melarang subsidi pemerintah dalam bidang perdagangan.

Pada mulanya MEE hanya beranggotakan enam negara saja, yaitu Belgia, Belanda, Luxemburg, Jerman Barat, Prancis, dan Italia. Setelah Konferensi Brussels, 22 Januari 1972, anggota MEE bertambah dengan masuknya Inggris, Norwegia, dan Denmark.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Tujuan Organisasi NATO berdiri."