Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kronologis perang dunia II medan Asia Pasifik (1941-1945).

Kronologis perang dunia II medan Asia Pasifik (1941-1945). 

Di front Asia-Pasifik, pertempuran terjadi antara Jepang melawan Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Cina, Kanada, dan Australia. Setelah menyerbu pangkalan Angkatan Laut AS di Pearl Harbour pada tanggal 7 Desember 1941, secara kilat Jepang menyerbu Filipina, Malaya, dan Indonesia.

Dengan didukung oleh persenjataan modern dan moral pasukan yang sangat tinggi, Jepang secara menakjubkan berhasil mengusir Prancis dari Indo Cina, Inggris dari Burma dan Malaya, Amerika Serikat dari Filipina, dan Belanda dari Indonesia.

Kronologis perang dunia II medan Asia Pasifik (1941-1945).

Setelah berhasil menghancurkan Pearl Harbour, Jepang segera bergerak menuju Hongkong yang diduduki tentara Ghurka Inggris. Ekspansi Jepang ke Hongkong berjalan lancar. Pada tanggal 25 Desember 1941, Hongkong berhasil dikuasai Jepang. Sasaran ekspansi Jepang berikutnya adalah Malaysia yang merupakan daerah vital pertahanan sekutu (Inggris).

Perlawanan Inggris ternyata tidak berhasil menahan serangan tentara Jepang. Pada bulan Februari 1942 Malaysia jatuh ke tangan Jepang. Setelah berhasil menguasai Malaysia, Jepang melanjutkan serangannya ke Burma. Meskipun telah berupaya keras untuk mempertahankan Burma, namun Inggris akhirnya juga menyerah. Dengan jatuhnya Burma, maka kedudukan Sekutu pun makin terjepit. 

Pada saat itu, Filipina merupakan pusat pertahanan Sekutu yang terpenting setelah Pearl Harbour. Oleh karena itu Jepang juga bertekad untuk menghancurkan kekuatan Sekutu di Filipina. Pada bulan Mei 1942. Jenderal Wainwright yang menggantikan Jenderal Mac Arthur di Filipina menyerah.

Pada bulan Januari 1942 Jepang mulai melakukan penyerbuan ke Indonesia melalui jalur Utara. Pada bulan itu pula dua kota minyak terpenting di Kalimantan, yaitu Tarakan dan Balikpapan berhasil mereka kuasai. Pasukan Jepang kemudian bergerak menuju Pontianak dan Palembang.

Pada bulan Februari 1942, dua kota penting tersebut nyaris jatuh ke tangan Jepang. Dari Utara Jepang melanjutkan serangannya ke Selatan untuk menghancurkan armada gabungan Sekutu di Laut Jawa. Usaha ini berjalan dengan lancar. Gabungan kekuatan Sekutu yang bertahan mati-matian akhirnya tidak mampu menandingi kekuatan armada Jepang. 

Benteng kekuatan pertahanan Sekutu di Laut Jawa pun runtuh. Pada tanggal 5 Maret 1942 Jakarta berhasil dikuasai menyusul kemudian Bogor. Setelah melalui serangan akhir yang menentukan Jepang akhirnya berhasil memaksa Belanda menyerah tanpa syarat di Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942.

Dalam acara serah terima tersebut pihak Belanda diwakili oleh Letnan Jenderal Ter Poorten, sedangkan Jepang diwakili oleh Letnan Jenderal Hitosyi Imamura. Hadir pula dalam serah terima ini penguasa tertinggi Hindia Belanda Gubernur Jenderal Stachouwer. Sejak itu, maka mulailah pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia.

Medan Afrika Utara (1940-1943).

Di front ini pertempuran terjadi antara Jerman dan Italia melawan Inggris, Mesir, dan Maroko. Serangan Jerman ke Afrika Utara ini berhasil dihentikan. Jenderal Jerman yang terkenal dalam pertempuran di front Afrika ini ialah Erwin Romerl. 

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Kronologis perang dunia II medan Asia Pasifik (1941-1945)."