Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis/bentuk ciptaan musik

Jenis/bentuk ciptaan musik


Jenis/bentuk ciptaan musik - Mengaransi lagu merupakan salah satu jenis atau bentuk cara menciptakan musik atau lagu. Jenis ciptaan musik meliputi : komposisi, improvisasi, aransemen atau transkripsi.

a. Komposisi

Komposisi ialah suatu bentuk ciptaan yang tertulis, yang dapat dinikmati secara abadi, setelah komposisi sudah diperiksa oleh si pencipta dengan teliti, komposisi itu di lepas untuk diperdengarkan dan dinilai oleh publik. Masyarakatlah yang menentukan apakah karya cipta itu bermutu atau tidak.


b. Improvisasi

Improvisasi ialah jenis karya cipta yang tidak bersifat abadi atau berlangsung sekali saja. Improvisasi bersifat tidak tertulis sehingga tidak dapat diulang kembali dalam bentuk serta intensitas yang sama. Misalnya seseorang memainkan sebuah organ tunggal yang pada saat itu juga dicipta, dia sudah melakukan improvisasi, yang merupakan ekspresi langsung dari perasaan dan angan-angan musikal yang timbul pada saat itu.

c. Aransemen atau transkripsi

Aransemen atau transkripsi ialah bentuk ciptaan yang dihubungkan dengan penulisan musik (aransemen artinya susunan, transkripsi artinya alih tulis). Sebagai contoh, sebuah komposisi untuk orkes simfoni yang besar dialih tuliskan menjadi sebuah karya musik untuk dimainkan dengan sebuah organ atau piano saja, atau untuk dimainkan dengan beberapa alat musik kecil, bisa juga untuk dimainkan dalam musik dangdut.

Selain persoalan teknis, transkripsi juga merupakan persoalan musikalitas. Transkripsi biasanya dipergunakan dalam bidang penelitian musik yang artinya mengalihkan musik yang didengar ke dalam suatu tulisan musik. Lagu-lagu tradisional dapat kita aransir menjadi lagu musik Nasional sehingga dapat dimainkan dan diterima secara umum. Aransemen membuat lagu lebih indah dan representatif dari bentuk aslinya.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Jenis/bentuk ciptaan musik"