Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akhir Perang Dunia II di Eropa dan Asia Pasifik.

Akhir Perang Dunia II di Eropa dan Asia Pasifik. 

Baik di medan Pasifik maupun Eropa, Perang Dunia II dipicu oleh negara-negara Fasis. Artinya, inisiatif penyerangan pertama dilakukan oleh negara-negara fasis, dalam hal ini Jerman dan Jepang. Oleh karena itu, pada awal Perang Dunia II negara-negara Sentral terutama Jerman dan Jepang, selalu memperoleh kemenangan. 

Jepang misalnya secara cepat dapat menumbangkan Prancis di Indo Cina, Inggris di Burma, dan Malaya, Amerika Serikat di Filipina, dan Belanda di Indonesia. Akan tetapi, kemenangan yang diperoleh kedua negara fasis tersebut tidak dapat berlangsung lama. Memasuki tahun 1944, kedudukan negara-negara Sentral mulai terdesak oleh pihak Sekutu.

Akhir Perang Dunia II di Eropa dan Asia Pasifik.

Jepang, misalnya di berbagai front pertempuran selalu mengalami kekalahan. Tanda-tanda berakhirnya Perang Dunia II tampak sejak Sekutu mengadakan serbuan besar-besaran ke Norwegia dan Prancis pada tanggal 6 Juni 1944, serta saat marinir AS berhasil merebut Iwojima (16 Maret 1945) dan Okinawa (21 Juni 1945) dari tangan Jepang.

Pada situasi semakin terdesak muncul ide dari Kepala Staf Armada Udara ke-11 Jepang, Takijiro Onishi untuk merekrut sukarelawan sebagai pilot Kamikaze. Mereka akan menerbangkan pesawat dalam misi bunuh diri (Jibakutai) dengan menabrak sasaran-sasaran musuh terutama kapal perang.

Apakah pembentukan pilot Kamikaze dapat menolong posisi Jepang? Meskipun pihak Sekutu mengalami kerugian besar akibat serangan Kamikaze ini, tetapi secara umum kedudukan Jepang dalam perang tidak berubah. Hari-hari menuju kekalahan Jepang tampaknya makin dekat.

a. Di Eropa.

Di Eropa, Italia lebih dulu menyerah kepada Sekutu. Gerakan anti fasis di Italia membantu Sekutu mempercepat kekalahan Italia. Mussolini ditangkap oleh para penentangnya dan dihukum mati. Bagaimana dengan Jerman? Pada bulan Mei 1945 Kota Berlin (Jerman) jatuh ke tangan pasukan Uni Soviet. Pada tanggal 7 Mei 1945 Jerman, melalui Jenderal Gustav dan Laksamana Hans George Von Freedenberg, akhirnya menyerah tanpa syarat kepada Sekutu di Reinis, Prancis.

b. Di Asia Pasifik.

Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik berakhir setelah Jepang tidak berdaya menghadapi kekuatan Sekutu. Pada tanggal 6 dan 7 Agustus 1945, dua kota penting di Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki dibom oleh Amerika Serikat. Selang beberapa hari kemudian, yaitu tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyatakan menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Dengan menyerahnya Jepang, maka berakhirlah Perang Dunia II di Asia Pasifik yang juga disebut Perang Asia Timur Raya.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Akhir Perang Dunia II di Eropa dan Asia Pasifik."