Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerita wayang Raden Bratasena

Cerita wayang Raden Bratasena 

Bratasena adalah nama muda Raden Werkudara, ketika masih muda dia pernah mencapai keberhasilan dengan membabat hutan Mertani Wilayah Astina yang kemudian menjadi sebuah negara yang bernama Amarta, Raden Bratasena beristerikan dewi Arimbi menurunkan putra Raden Gatutkaca.

Raden Bratasena


Raden Bratasena

Istri kedua Raden Werkudara yaitu Dewi Nagagini menurunkan Raden Hanantareja dan yang terakhir dengan Dewi Batari Urangayu, menurunkan Raden Antasena. Bratasena punya senjata kukupancanaka, gada rujakpolo dan punya panakawan angin, dan kalau ketika Bratasena berjalan diikuti oleh angin karena ia jadi siswa Batara Bayu.

Bratasena seorang yang tak pernah memakai bahasa halus pada siapa pun juga, maupun kepada Dewa, dipergunakan bahasa kasar. Tetapi selama hidupnya hanya sekali, ia berbahasa halus yakni ketika ia bertemu dengan Dewa Ruci. seorang Dewa kerdil, yang dianggap Dewanya yang sejati. Tetapi kekasaran bahasanja itu penuh dengan kebijaksanaan. Ia tak pernah berdusta. Sebab kesucian jiwanja, Bratasena senantiasa mendapat kebenaran.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Cerita wayang Raden Bratasena"