Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ptolemaios VII Neos Philopator Generasi Penerus Tahta Kerajaan Philometor

Ptolemaios VII Neos Philopator Generasi Penerus Tahta Kerajaan Philometor 

Setelah meninggalnya Philometor dan diganti oleh putranya yang masih bayi, yang diberi nama Ptolemaios VII Neos Philopator. Tetapi Euergetes telah bisa kembali, untuk membunuh Neos Philopator, dan merebut tahta. Seperti Philometor, Eurgetes juga menjadi seorang tiran yang berdarah dingin atau kejam. 

Dia wafat pada tahun 116 SM dan mewariskan kerajaan kepada istrinya Kleopatra III dan putranya Ptolemaios IX Philometor Soter II. Sang anak telah diusir oleh ibunya sendiri pada tahun 17 SM, dan Kleopatra telah berkuasa berdua dengan adik Eurgetes, Ptolemaios X Aleksander I. 

Ptolemaios VII Neos Philopator

Ptolemaios VII Neos Philopator

Ketika pada tahun 88 SM, Ptolemaios IX datang lagi dan mampu merebut tahta kembali. Dia berkuasa sampai meninggal pada tahun 80 SM. Ia telah digantikan dengan Ptolemaios XI Aleksander II, putra Ptolemaios X. Ia dihukum gantung oleh rakyat Aleksandria setelah membunuh ibunya sendiri. Pertikaian dinasti ini menyebabkan negara Mesir menjadi lemah sehingga negara ini secara de facto menjadi protektorat Romawi, yang saat itu telah mengusai sebagian besar dunia Yunani.

Ptolemaios XI telah digantikan oleh putra Ptolemaios IX, Ptolemy XII Neos Dionysos, yang dikenal juga sebagai Auletes, pemain musik seruling. Pada waktu itu, Romawi telah mengendalikan pemerintahan Mesir. Romawi juga telah mencaplok Libya dan Siprus. 

Sekitar tahun 58 SM, Auletes telah diusir oleh rakyat Aleksandria, tetapi tiga tahun kemudian Romawi mengembalikannya ke tahta. Ia meninggal pada tahun 51 SM dan mewariskan kerajaan kepada putranya yang berusia 10 tahun, Ptolemaios XIII Theos Philopator, yang mampu memerintah berdua bersama saudari sekaligus istrinya yang berusia 17 tahun, Kleopatra VII.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Ptolemaios VII Neos Philopator Generasi Penerus Tahta Kerajaan Philometor"