Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Strategi Dakwah Nabi Muhammad SAW dalam Menyebarkan Agama Islam

3 Strategi Dakwah Nabi Muhammad SAW dalam Menyebarkan Agama Islam - Adapun beberapa strategi dakwah yang telah diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW apada waktu itu menyebarkan agama Islam :

1. Menanamkan iman kepada para sahabat

Nabi Muhammad SAW memperkenalkan tauhid kepada para sahabat dan kaumnya sebagai dasar kehidupan manusia. Rasulullah SAW mengajarkan hakikat penciptaan manusia adalah untuk menyembah Allah SWT. 

Hal ini dimaksudkan bahwa jika seseorang telah beriman kepada Allah SWT maka ia wajib mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk untuk membela kepentingan agama dan membela agama Islam. Hal inilah yang membuat para sahabat Nabi rela berjuang dan mengorbankan segalanya demi kepentingan agama Islam.

3 Strategi Dakwah Nabi Muhammad SAW dalam Menyebarkan Agama Islam

2. Dakwah secara bertahap

Dalam berdakwah rasul menggunakan strategi dan tahap yang jelas, beliau memulai dakwah pada keluarganya sendiri kemudian baru ia menyebarkannya ke lingkungan terdekat selanjutnya masyarakat luar sedikit demi sedikit dengan mengajak sahabat yang telah memeluk agama Islam sebelumnya.

Rasul pun mengajak para sahabat yang disegani oleh bangsa Quraisy untuk ikut menyebarkan agama Islam dan menggunakan pengaruhnya. Rasul secara bertahap juga mengajarkan nilai-nilai agama Islam dan cara menjalankan ibadah seperti shalat baik shalat wajib maupun shalat sunnah, puasa ramadhan, zakat, sedekah, haji dan lain sebagainya.

Baca juga di bawah ini

3. Memanfaatkan potensi yang ada

Nabi Muhammad dalam dakwahnya beliau mendayagunakan segala potensi manusia yang ada dengan cara yang efektif. Beliau menikahi Khadijah dan mengajak Pamannya yang memiliki kekayaan lebih untuk mendanai dakwah. 

Rasul juga memiliki sahabat yang memiliki pengaruh besar dalam suku Quraisy yang akan membantu dan melindunginya dalam peperangan seperti Umar bin Khatab dan hamzah. Rasul juga memanfaatkan potensi intelektual sahabat seperti Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Tsabit dan Abdullah bin Mas’ud demi kepentingan penyebaran agama Islam.