Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peringatan Ir. Van Kol didalam Tweede Kamer

Peringatan Ir. Van Kol didalam Tweede Kamer 

Man totet den Geist nicht, begitulah Ereligrath menyairkannya orang tak bisa membunuh semangat. Didalam tahun 1900 yakni sebelumnya disini ada ''pengasut'', sebelumnya disini ada ''ophitsers'' sebelumnya disini ada ''raadraaiers'', maka Ir. Van Kol sudahlah mendengungkan ia punya peringatan didalam Tweede Kamer.


Peringatan didalam Tweede Kamer yang bunyinya :

Berbuatlah terus begitu, sampai nanti satu ketika datang saat penghabisannya; satu ketika entah kapan, pastillah meledak ''kekuatan rahasia'', En inderdaad, die ''stille kracht'' is opgedliksemd! Itu ''kekuatan rahasia'' sudahlah meledak ! Seluruh dunia sekarang melihatlah bangkit dan geraknya kekuatan rahasia itu !

Peringatan Ir. Van Kol didalam Tweede Kamer

Seluruh dunia yang tidak sengaja membuta-tuli, mengertilah bahwa kekuatan rahasia ini bukanlah bikinan manusia, tetapi ialah bikinannya pergaulan hidup yang mau mengobati diri sendiri. Seluruh dunia yang tulus hati mengertilah bahwa pergerakan ini ialah anti-thesenya imperialisme yang terbikin oleh imperialisme sendiri.

Bukan bikinannya ''pengasut'' bukan bikinannya ''opruiers'', bukan bikinannya ''raddraaiers'', bukan bikinannya ''ophitsers''-lah pergerakan ini ialah bikinannya kesengsaraan dan kemelaratan rakyat ! Ir. Albasda didalam Tweede-Kamer adalah memperingatkan :

Diantara mereka yang berwajib atau merasa wajib membicarakan kejadian-kejadian jaman dimuka umum, adalah beberapa orang yang menggambarkan pergerakan Bumiputera dan suburnya pergerakan Bumiputera itu sebagai buahnya fikiran-fikiran revolusioner dari negeri Barat, dan yang sama mengira bahwa pergerakan itu bisa ditindas dengan suatu cara pemerintahan yang keras dan dengan menggerakkan politik dan yustitie untuk melawan propagandist-propagandistnya.

Pemandangan dan taktik yang demikian itu adalah menunjukkan bahwa mereka sama sekali tidak mempunyai pengertian riwayat dan tidaklah mempunyai pengartian politik sedikit juapun adanya pergerakan yang demikian itu adalah timbul daripada keadaan-keadaan pergaulan hidup sendiri dan daripada perubahan-perubahan didalam pergaulan hidup itu sendiri.

Pergerakan yang demikian itu tetaplah akan timbul dan tetaplah subur walau tidak ada kaum revolutioner bangsa Eropa seorang juapun yang menginjak tanah Hindia. Pergerakan yang demikian itu tentu teruslah akan subur, walaupun pemimpin-pemimpinnya dan propagandist-propagandistnya semua dibasmi.

Sebagaimana didalam abad ke 16 pergerakan kerkhervorming tidak bisa dicegah dengan pemburuan anggota-anggotanya sebagaimana didalam abad 19 sosial-demokrasi tidak bisa ditumpes dengan politik penindasan yang dijalankan oleh Bismarck, maka didalam abad ke 20 pergerakan rakyat di Hindia tak akanlah bisa pula dimundurkan atau diberhentikan dengan cara pemerintahan yang reactionair.

Post a Comment for "Peringatan Ir. Van Kol didalam Tweede Kamer"