Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori : Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

Teori : Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia - Indonesia ialah bangsa yang memiliki keberagaman yang sangat banyak dan unik, terdapat lebih dari 300 etnis maupun suku bangsa yang mendiami berbagai pulau di Indonesia. Mulai dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, belum lagi pulau- pulau kecil yang tidak sanggup kita lupakan begitu saja. Dengan keberagaman ini, pasti bakal timbul permasalahan, dari manakah asal- usul nenek moyang bangsa Indonesia?

Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia
Teori : Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

Teori Asal- Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia


Teori asal- usul nenek moyang bangsa Indonesia rata- rata bakal didasarkan pada 2 tentang, mula- mula yaitu dasar atas kesamaan bentuk wujud dan yang kedua adalah kesamaan dari pokok bahasa yang digunakan nenek moyang. Sudah banyak ahli yang sejak lama ada pandangan yang berbeda tentang nenek moyang bangsa Indonesia. Masing- masing ahli pula memiliki alasan kuat yang mendasari teori yang mereka kemukakan.

Tapi dalam catatan serta berbagai penemuan fosil manusia purba di Indonesia, menuturkan jika nenek moyang Indonesia sebenarnya sudah terselip sejak 3000 tahun sebelum masehi. Namun masih ada teori lainnya yang berupaya memaparkan perihal ini, berikut ini yakni teori dari ahli yang bisa dijadikan sebagai sebuah acuan untuk mencari tahu asal- usul dari nenek moyang bangsa Indonesia.

Teori Nusantara Bangsa Indonesia


Dalam teori nusantara Indonesia menyebutkan kalau nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari wilayah kepulauan Indonesia. 

Tidak berasal dari luar Indonesia dan mereka juga menetap juga berkembang di wilayah Indonesia sendiri. Dimana teori tersebut didasari adanya penemuan banyak fosil manusia purba yang di temukan di bangsa Indonesia itu sendiri. Tokoh-tokoh pendukung teori nusantara Indonesia seperti M. Yamin, Sultan Takdir Alisjahbana, Gorys Keraf.

Pada teori nusantara bangsa Indonesia tersebut didasari dengan bangsa Melayu merupakan bangsa yang berperadaban tinggi selain itu kemungkinan jika bangsa Melayu ialah keturunan dari Homo Soloensis dan Homo Wajakensis.

Teori dari Drs. Moh. Ali( Teori Yunan)


Ini merupakan salah satu teori yang banyak diketahui serta juga dipelajari di sekolah. Teori Yunan menerangkan jika asal- usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, suatu wilayah di Cina Selatan. Drs. Moh. Ali meyakini bakal hal ini.

Orang- orang Cina kuno dipercaya masuk ke Nusantara melalui hulu- hulu sungai besar di daratan Asia. Mereka juga diyakini datang secara bergelombang. Gelombang pertama diketahui dengan istilah bangsa Proto Melayu ataupun Melayu Muda yang tiba mulai dari 3000 sampai 1500 tahun sebelum masehi. Ciri- ciri dari gelombang ini yaitu kebudayaan neolitikum serta menggunakan perahu bercadik satu.

Sedangkan gelombang kedua dituturkan sebagai bangsa Deutro Melayu maupun Melayu muda sekitar 1500 hingga 500 tahun saat sebelum masehi. Ciri yang menonjol adalah pemakaian perahu bercadik dua.

Teori dari Profesor. Dokter. H. Kern


Profesor. Dokter. H. Kern yang berasal dari Belanda ini berkomentar kalau orang Indonesia berasal dari daratan Asia. Dasar dari komentar dia merupakan pada kesamaan bahasa yang digunakan. Baginya orang yang hidup di daerah Indonesia, Polinesia, Melanesia serta Mikronesia mempunyai kemiripan bahasa, ialah bersumber dari rumpun Austronesia( berasal dari Austria).

Bangsa Indonesia berasal dari satu wilayah yang memakai bahasa Campa( bahasa yang saat ini dipakai di Kamboja). Kern menciptakan banyak kesamaan sebutan geografis, sebutan fauna serta nama perlengkapan perang kuno yang sempat digunakan.

Teori dari Profesor. Dokter. Sangkot Marzuki


Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari dataran Austronesia( berasal dari Austria). Profesor. Dokter. Sangkot Marzuki mendasarkan pendapatnya berlandaskan pada penemuan DNA fosil manusia purba. Ia juga menyanggah bahwa bangsa Indonesia berasal dari Yunan, Cina. Menurut beliau, manusia purba jenis Pithecanthropus Erectus tidak ada kelanjutannya pada manusia saat ini. Jenis tersebut telah punah dan digantikan oleh jenis baru yang fosilnya dijumpai di Afrika, serta hingga saat ini masih diyakini sebagai nenek moyang manusia.

Teori dari Profesor. Mohammad Yamin


Teori dari Profesor. Mohammad Yamin ini berupaya buat menyangkal teori- teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia di atas. Dia berkomentar kalau nenek moyang Indonesia berasal dari dalam Indonesia sendiri bukan berasal dari lua Indonesia.

Salah satu perihal yang coba dijadikan bagaikan fakta utama merupakan fosil- fosil manusia purba serta artefak yang ditemui di Indonesia lebih lengkap serta banyak dibanding fosil yang ditemui di luar negara. Misalnya saja penemuan Pithecanthropus soloensis serta wajakensis yang tidak ditemui di wilayah Asia lain tercantum daerah Indocina.

Itu dia sebagian komentar serta teori para pakar menimpa asal- usul nenek moyang bangsa Indonesia. Apakah kalian mempunyai persoalan menimpa perihal ini? Silahkan tuliskan permasalahan kalian di kolom komentar ya, serta jangan lupa untuk share pengetahuan ini. 

Baca juga selanjutnya di bawah ini :


Post a Comment for "Teori : Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia"