Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Riwayat Hidup Santo Bernardus dari Clairvaux

Santo Bernardus berasal dari Clairvaux 1090-21 Agustus 1153 ialah seorang biarawan yang telah memberikan banyak pengaruh besar terhadap Gereja pada zaman pertengahan. Dia berasal dari negara Prancis dan selain itu juga sebagai biarawan, dia juga terkenal sebagai seorang mistikus.

Bernardus juga merupakan salah satu pendiri dari biara Clairvaux, sebuah biara dari ordo Sistersian. Diaa juga turut hadir terlibat dalam membangkitkan semangat para tentara Perang Salib Kedua melalui ceramah-ceramahnya.

Bernardus dari Clairvaux telah dilahirkan pada tahun 1090 di Fontaines yang berasal dari keturunan bangsawan. Pada waktu masih kecil, Bernardus sudah memiliki cita-cita menjadi seorang biarawan. Lalu kemudian dia masuk dalam komunitas biara Citaux pada tahun 1112.

Santo Bernardus


Biara Citaux juga merupakan biara yang pertama kali didirikan dari ordo Cistercian. Setelah tiga tahun lamanya, Bernardus lalu mempunyai kesempatan untuk menjadi pemimpin biara Citaux di Clairvaux pada tahun 1115. Kesempatan itu didapatnya setelah Stephanus Harding, pemimpin Biara Citaux, terkesan oleh kesalehan dan kepemimpinan yang ditunjukannya.

Selama berada di bawah kepemimpinannya, biara itu mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bernardus bahkan mampu mengembangkannya hingga menjadi lebih dari 80 biara dengan Citaux sebagai pusatnya.

Pemikiran Bernardus

Bernardus juga menekankan penyangkalan diri dan kesucian hidup. Dia telah mengajarkan orang-orang untuk lebih mengasihi Allah daripada duniawi. Berbeda dengan kaum skolastik yang banyak mengandalkan akal budi, Bernardus lebih fokus pada perubahan hidup manusia. Bernardus juga mementingkan tentang kerendahan hati manusia di hadapan Allah tidak menyombongkan sifat. Baginya kerendahan hati manusia dibutuhkan dalam rangka penyucian spiritual.

Dengan demikian, semua itu akan menuntun manusia mencapai kontemplasi sehingga bisa menyatu kepada Tuhan. Oleh karena itu, dengan konsep ini Bernardus tidak lantas menyatakan bahwa manusia kemudian menjadi Allah melainkan kehendak manusia dan kehendak Allah yang mencapai kesatuan.

Bernardus juga tidak setuju dengan Immaculate Conception (Dikandung Tanpa Noda) yaitu suatu ajaran yang menyatakan bahwa Maria dikandung tanpa dosa; menurutnya hanya Yesus Kristus yang dikandung tanpa dosa.

Bernardus juga sangat dikagumi karena ajaran-ajarannya rohaninya yang berlandaskan cinta dan damai. Dia juga banyak membuat ceramah tentang Kidung Agung dan risalah-risalahnya juga banyak berbicara mengenai cinta kepada Allah tidak mengutamakan duniawi.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Riwayat Hidup Santo Bernardus dari Clairvaux"