Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keluarga Keturunan Ramon Berenguer I

Silsilah Keluarga Keturunan Ramon Berenguer I 

  • Istri Pertama, Isabel/Elisabeth dari Narbonne atau dari Beziers, Berenguer (mati muda), Arnau (mati muda), Pere Ramon (1050-1073?), membunuh istri ayahandanya, Almodis, dan diasingkan.
  • Istri Kedua, Blanca de Narbonne, putri Wolf Ato Zuberoa dan Ermengarda dari Narbonne.
  • Istri Ketiga, Almodis de la Marche, Comtesse Limoges
  • Berenguer Ramon II yang Membunuh saudara sendiri (1053/54-1097), Ramon Berenguer II yang Berambut kusut (1053/54-1082).
  • Agnes, menikah dengan Guigues II dari Albon.
  • Sancha, menikah dengan Guillermo Ramon.

Ramon Berenguer I yang tertua (bahasa Prancis: Ramond Berenger LeVieux, dalam bahasa Katalan: el Vell) (1023–1076) yaitu merupakan seorang Comte Barcelona yang memimpin pemerintahan pada tahun 1035–1076. Dia mampu mengkodifikasi hukum tertulis versi awal Katalan, Penggunaan Barcelona.

Dia berhasil memimpin pemerintahan yang di bangun ayahnya, Berenguer Ramon dijuluki si Bengkok pada tahun 1035. Pada masa kepemimpinannya posisi dominan Barcelona di antara provinsi Katalan yang lain semakin maju.

Ramon Berenguer I

Ramon Berenguer I

Ramon Berenguer telah berperang melawan suku Moor, dan bisa memperluas dominannya ke arah timur sampai ke Barbastro dan membebankan upeti yang berat (parias) kepada kota-kota Moor lainnya. Para sejarawan menyatakan bahwa upeti-upeti itu mampu membantu menciptakan gelombang pertama kemakmuran di dalam sejarah Katalan. 

Selama dia memerintah kekuatan maritim Katalan mulai jatuh ke Mediterania Barat. Ramon Berenguer yang Tua juga merupakan Pangeran Katalan yang pertama kali mendapatkan wilayah-wilayah (provinsi Carcassonne dan Razes) dan pengaruh utara Pirenia.

Prestasi besar yang dicapainya ialah permulaan kodifikasi untuk hukum Katalan yang telah ditulis Usatges atau Usatici di Barcelona yang pertama dikompilasikan sepenuhnya agar menjadi hukum feodal di Eropa Barat. Kodifikasi legal itu ialah bagian dari berbagai upaya pangeran untuk memajukan dan mengendalikan proses feodalisasi yang mampu dimulai sejak pemerintahan ayahnya yang lemah, Berenguer Ramon I. 

Kontribusi lainnya ialah Gereja yang bekerja melalui institusi Perdamaian dan Gencatan Senjata Tuhan. Hal itu bisa membuat sebuah gencatan senjata umum di kalangan kelompok yang telah berperang dan kekuasaan di daerah-daerah tertentu pada waktu tertentu. 

Pada waktu itu untuk memperkenalkan Perdamaian dan Gencatan Senjata Tuhan di Eropa Barat ialah pada tahun 1027 di Katalonia, selama masa pemerintahan dipimpin Ramon Berenguer yang Tua.

Ramon Berenguer I dengan istri ketiganya Almodis, juga bisa menemukan Katedral Roma di Barcelona, untuk bisa menggantikan Basilika yang lebih tua yang akan diperkirakan dihancurkan oleh Almanzor. Beludru dan kuningan terikat peti kayu dipamerkan di sebuah gedung katedral Gothik yang menggantikan bangunan milik Ramon Berenguer pada masa itu.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Keluarga Keturunan Ramon Berenguer I"