Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Pertempuran Baux (Barcelona)

Penyebab Pertempuran Baux (Barcelona)

Pertampuran Baux (Bahasa Prancis: Guerres Baussenques, yang berarti "Pertempuran Baux") merupakan suatu serangkaian konflik bersenjata (1144–1162) antara Wangsa Barcelona, yang berkuasa di Provence, dan Wangsa Baux. Penyebab utamanya ada tiga faktor yang berperan dalam munculnya konflik ini yaitu persaingan antara para comte Toulouse dan para comte Barcelona untuk pengaruh di wilayah Provence, krisis suksesi dari dinasti pertama yang telah berkuasa di county Provence, dan ambisi dari wangsa Baux.

Oleh karena itu keberhasilan di Reconquista di perbatasan selatan mereka, rakyat Catalunya berbalik ke arah Mediterania litoral dan ke utara. Mereka menginginkan wilayah antara Cevennes dan Rhône, lalu kemudian di bawah kendali Toulouse. 

Pada tahun 1112, comte Barcelona, Ramon Berenguer III, telah mempersunting pewaris Provence, Douce, yang merupakan putri Coomtesse Gerberga dari Provence, Gevaudan, Carlat, dan sebagian dari Rodez. Pernikahan ini mungkin telah diambil atas desakan gereja, lalu kemudian bertentangan dengan rumah Toulouse. 

Ramón Berenguer III


Pada tahun 1076, comtenya, Raymond IV, telah dikucilkan tetapi dia masih bisa memberikan dukungannya terhadap Aicard, Uskup Agung Arles (sejak 1080). Dengan sang comte mundur ketika terjadi Perang Salib Pertama, gereja mengambil kesempatan untuk merebut keseimbangan kekuasaan di wilayah tersebut. Pernikahan ini dengan efektif menempatkan Provence di bawah kendali Catalunya.

Pada tahun 1125, pewaris Raymond, Alphonse Jourdain, telah menandatangani sebuah perjanjian di mana hak waris tradisional keluarganya atas gelar "Markgraf Provence" yang diakui dan mark Provence didefinisikan sebagai wilayah utara Durance hilir dan di sebelah kanan Rhone, termasuk istana Beaucaire, Vallabrègues, dan Argence. 

Wilayah antara Durance, Rhone, Alpen, dan laut county tersebut dan milik wangsa Barcelona. Avignon, Pont de Sorgues, Caumont, dan Le Thor tidak terbagi.

Provence disiksa oleh ketidakpastian atas hak suksesi. Douce dan Ramon Berenguer menandatangani semua charter bersama-sama sampai kematiannya pada tahun 1127, setelah itu dia muncul sendiri sebagai comte di semua piagam sampai kematiannya pada tahun 1131. 

Pada saat itu, adinda Douce, Stephanie menikah dengan Raymond dari Baux, yang segera menggugat warisan ibundanya, meskipun Provence telah dengan damai jatuh ke tangan keponakannya, Berenguer Ramon I.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Penyebab Pertempuran Baux (Barcelona)"