Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian karya seni rupa terapan nusantara

Pengertian karya seni rupa terapan nusantara 

Pengertian karya seni rupa terapan nusantara - Ditinjau dari kata tersebut diatas maka kita harus mengetahui apa itu karya, seni, rupa, terapan dan nusantara. Seni mempunyai arti hasil karya manusia yang mempunyai nilai keindahan. Keindahan dalam hal ini terbatas yaitu keindahan yang diciptakan manusia.

Keindahan timbul atas daya kreasi seniman dalam membabarkan intuisi pengalaman batinnya. Keindahan di luar ciptaan manusia tidak termasuk seni, karena keindahan alam telah ada sebelum manusia itu dilahirkan misalnya : pantai-pantai di Bali, keindahan alam pegunungan dan lain-lain.

seni rupa

Hasil karya seniman dalam perkembangan di masyarakat dibedakan menjadi beberapa cabang. Salah satu cabang dari kesenian yaitu seni rupa (visual art). Karya seni rupa merupakan ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna bentuk-bentuk yang diwujudkan itu melalui media : titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur dan gelap terang yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu.

Contoh karya seni rupa adalah : lukisan, patung, grafis, kria dan sebagainya. Jadi karya seni terapan nusantara adalah : hasil dari pengolahan jasmani dan rohani (pikiran dan perasaan) yang dapat diterapkan atau dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia nusantara/masyarakat Indonesia.

Baca juga selnjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Pengertian karya seni rupa terapan nusantara"