Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjadinya Muncul Perang Diadokhoi Pemerintahan Ptolemaios I

Terjadinya Muncul Perang Diadokhoi Pemerintahan Ptolemaios I 

Pada masa pemerintahan Ptolemaios I telah disibukkan dengan adanya Perang Diadokhoi antara berbagai negara penerus kekaisaran Aleksander Agung. Tujuan utama Ptolemaios ialah untuk mengamankan posisinya di Mesir, dan yang kedua ialah untuk memperluas wilayah kekuasaannya. 

Dalam waktu beberapa tahun, ia telah mampu menguasai Libya, Koile-Suriah (termasuk Yudea), dan Siprus. Ketika Antigonos, penguasa Suriah, mencoba untuk menyatukan kembali kekaisaran Aleksander, Ptolemaios telah bergabung dengan suatu persekutuan untuk memberontak melawanannya. Ketika pada tahun 312 SM, Ptolemaios bersekutu dengan Seleukos, penguasa Babilonia, dan berhasil melumpuhkan Demetrios, putra Antigonos, ketika pertempuran di Gaza.

Ptolemaios I

Ptolemaios I

Sekitar tahun 311 SM, sebuah perjanjian damai telah disepakati, namun pada tahun 309, perang telah kembali terjadi, dan Ptolemaios menguasai Korinthos serta beberapa daerah lainnya di Yunani, walaupun dia telah kehilangan Siprus setelah kalah dalam pertempuran laut pada tahun 306 SM. 

Antigonos mencoba menginvasi Mesir tetapi serangannya berhasil ditahan oleh Ptolemaios. Ketika itu persekutuan untuk melawan Antigonos telah dibuat lagi pada tahun 302 SM, Ptolemaios telah bergabung, tetapi dia maupun pasukannya tidak ikut serta saat Antigonos dilumpuhkan dan dibunuh dalam Pertempuran Ipsos. 

Ketika itu Ptolemaios malah mengamankan Koile-Suriah dan Palestina. Perbuatannya itu merupakan pelanggaran perjanjian, karena Ptolemaios sebelumnya sudah sepakat untuk memberikan daerah itu pada Seleukos. Setelah itu Ptolemaios tidak terlibat dalam perang daratan, namun dia berhasil merebut kembali Siprus pada tahun 295 SM.

Ptolemaios akhirnya membagi kekuasaannya dengan putranya, Ptolemaios II, dari istrinya Berenike I pada tahun 285 SM. Pada akhirnya Ptolemaios menghabiskan masa tuanya dengan menulis sejarah kampanye Aleksander Agung. Tulisan itu kini telah musnah tetapi sempat dijadikan sumber oleh Arrianus. Ptolemaios I wafat pada tahun 283 SM dalam usia 84 tahun. Ptolemaios I  mewariskan kerajaan yang stabil dan teratur kepada putra keturunannya.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Terjadinya Muncul Perang Diadokhoi Pemerintahan Ptolemaios I"