Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ptolemaios III Sang Dermawan

Ptolemaios III Sang Dermawan 

Kekaisaran Ptolemaios III Euergetes ("Ptolemaios III Sang Dermawan") yang telah menggantikan ayahnya pada tahun 246 SM yang sudah wafat. Ia juga telah mengabaikan kebijakan para penerusnya, yang tidak mau terlibat salam perang. 

Ptolemaios III malah terlibat dalam Perang Suriah Ketiga (246 SM-241 SM) untuk melawan Kekaisaran Seleukia di Suriah, dikarenakan saudarinya, Berenike, dan putranya yang gugur terbunuh dalam suatu pertikaian dalam Dinasti Seleukia. 

Ptolemaios III 

Ptolemaios III Sang Dermawan

Ptolemaios telah mampu meraih keberhasilan dalam perang ini. Dia juga bisa masuk sampai sejauh Babilonia, yang merupakan pusat Kekaisaran Seleukia, sementara itu armada laut Ptolemaios telah melakukan penaklukan di laut Aigeia sampai ke utara sejauh Thrakia.

Keberhasilan ini merupakan salah satu puncak kekuasaan Kerajaan Ptolemaik. Seleukos II Kallinikos tetap mengusai tahta Seleukia, walaupun armada laut Mesir mengendalikan sebagian besar pesisir Asia Kecil dan Yunani. 

Setelah kemenangan itu, Ptolemaios tidak banyak terlibat dalam perang, meskipun ia telah memberi dukungan pada musuh-musuh Makedonia dalam perpolitikan di Yunani. Sangat jauh berbeda dengan ayahnya yang lebih menyukai kesusasteraan, Ptolemaios lebih menyukai bidang agama. 

Ia banyak mendukung untuk kegiatan keagamaan di Mesir, dan banyak membuat penggambaran dirinya pada monumen-monumen Mesir. Pemerintahannya menandai proses "Mesirisasi" yang kelak akan terjadi secara berangsur-angsur pada Ptolemaios-Ptolemaios berikutnya.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Ptolemaios III Sang Dermawan"