Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Manajemen Pak Suharto di Bandingkan Dengan Sistem Yang Ada

Kelebihan Manajemen Pak Suharto di Bandingkan Dengan Sistem Yang Ada 

Kelebihan manajemen Pak Harto adalah khas IndoneSia. Ilmu-ilmu yang saya sebutkan tadi, jangan disangka tidak diterapkan dalam ilmu manajemen modern. itu diterapkan dan dikembangkan, dan ditingkatkan terus menerus di Republik ini. 

Contoh: visi dan strategis dari beliau adalah ketika mengambil keputusan menggunakan teknologi satelit untuk menyatukan bangsa ini tahun 1972. Sehingga tahun 1976 diluncurkan Satelit Palapa. Visi beliau saat itu adalah kalau kita ingin besar sebagai bangsa dan negara, kita harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita negara ke-3 yang memiliki dan menguasai satelit. Sekarang satelit generasi ketiga, Palapa C sedang dirancang dan dibangun oleh putra-putu Indonesia. 

Pak Suharto

Sekali lagi, beliau tidak pernah dididik secara formal dalam ilmu ekonomi dan ilmu statistik. Namun daya ingat beliau akan angka-angka sangat luar biasa, sama dengan komputer. Jangan sekali-kali saudara berani melapor pada beliau dengan angka, lalu 2 tahun berikutnya, saudara lapor dengan angka yang lain. 

Saudara akan ditegur. Saya teringat ketika saya bersama Direktur Utama PT Indosat melapor kepada beliau. perihal perkembangan PT Indosat 15 tahun yang lalu sampai sekarang. Saya beberkan angka-angka. Begitu selesai saya bicara, beliau langsung mengoreksi saya: "Lho kok saya ingat sekian (beliau menyebutkan angka)," Waktu saya cek, beliau yang tepat, saya yang salah. Ternyata beliau masih ingat betul angkanya dalam rupiah. 

Daya ingat beliau akan angka-angka lebih terasa lagi bila sudah menyangkut hobi, seperti bidang peternakan atau pertanian. Ketika beliau melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris, saya sempat menjadi penerjemah cadangan. Saat itu beliau duduk didampingi Ratu dan ibunya ratu. 

Dua-duanya namanya Queen Elizabeth. Kebetulan ibu dari ratu memiliki hobi yang sama dengan bapak presiden. Mereka asyik ngobrol pada jamuan kenegaraan yang mewah di Istana Buckingham mengenai peternakan, jenisnya makanan dan sebagainya.

Post a Comment for "Kelebihan Manajemen Pak Suharto di Bandingkan Dengan Sistem Yang Ada"