Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peta dan gambar candi lumbung di jawa tengah

Peta dan gambar candi lumbung di jawa tengah 

Sekitar bulan September 2011 proses pemindahan candi lumbung, dengan jarak ke tempat yang baru sekitar kurang lebih 750m. Candi Lumbung Sengi yang terletak di Dusun Tlatar, Desa Krogowangan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang terancam longsor karena dampak aliran banjir lahar dingin di Sungai Apu ketika bencana alam letusan gunung Merapi.

Kondisi candi lumbung sangat memprihatinkan, dimana vegetasi lereng dan lembah Sungai Apu termasuk lapisan breaksi yang menjadi faktor alami perkuatan daya dukung tanah tempat candi Lumbung Sengi berdiri telah terkikis.
 
Ketinggian tebing sekitar 15 – 20 meter dari Sungai Apu sudah cukup mengkhawatirkan. Sementara itu lebar bibir lokasi candi yang semula 2 meter menjadi kurang dari 1 meter karena talud penahan yang dibangun pada tahun 2009 oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah sudah terkikis berupa lubang-lubang pada beberapa bagian talud akibat terhantam material vulkanik yang terbawa arus lahar dingin pada tanggal 16 Januari 2011.

  CANDI LUMBUNG

 
Banjir lahar dingin kembali terjadi pada hari Senin, 24 Januari 2011 di Sungai Apu yang mengakibatkan bertambah tingginya permukaan air sehingga semakin banyak vegetasi tebing sungai yang hanyut, lapisan breksi yang terkikis dan hanyutnya konstruksi talud. 
Ketinggian air Sungai Apu saat kondisi normal adalah 1 meter, sedangkan saat terjadi banjir lahar dingin permukaan air naik hingga mencapai 10 meter.

Secara Arsitektural, Candi Lumbung Sengi mempunyai latar belakang Agama Hindu dan dibangun sekitar abad IX Masehi. Jika dilihat dari sumber prasasti tampak bahwa Candi Lumbung Sengi ini kemungkinan merupakan pendharmaan bagi Bathara di Salingsingan yang ditujukan melalui jenis persembahan khususnya berupa payung mas yang diberikan oleh Rakai Kayuwangi. Berdasarkan hal tersebut dapat diasumsikan bahwa Bhatara di Salisingan adalah tokoh yang penting, walaupun belum terungkap identitasnya.

PETA CANDI LUMBUNG 



Peta Candi Lumbung di Jawa Tengah Versi Google Map

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Peta dan gambar candi lumbung di jawa tengah"