Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tokoh-tokoh pembaharu nasionalisme di asia selatan

Tokoh-tokoh pembaharu nasionalisme di asia selatan 

Indian memiliki dua pusat peradapan kuno yaitu di Sindhu dan Gangga, serta melahirkan dua agama besar yaitu Hindu dan Budha. Di dalam gerakan nasionalnya agama merupakan salah satu unsur. Seorang negarawan-sosiawan-pendidikan bernama Ram Mohan Roy (1772 - 1833) yang pernah menjabat menteri dalam Kesultanan Delhi memelopori pembaruan India.

Dibentuklah Brahma Samaj, yaitu aliran yang mau menghilangkan kepercayaan kepada banyak dewa dan menggantikan dengan satu dewa yang menjadi sumber hidup dan pangkal alam semesta, seorang dewa yang mempunyai sifat universal.

Gambar Peta India


Hal itu berarti bahwa kepercayaan lama yang politeistis digantikan dengan kepercayaan yang monoteistis sesuai dengan perkembangan keagamaan. Dalam bidang sosial ia berusaha agar sistem kasta yang sudah tidak sesuai dengan zaman dan tradisi sutte atau sati yang mewajibkan istri mengikuti kematian suaminya dihapuskan. Dalam pendidikan diadakan Perguruan Vedanta di Kalkuta.

Pembaharu lain ialah Swami Nerendranath Dutta yang kemudian lebih terkenal sebagai Swami Vivekananda (1863 - 1902). Ia melihat bahwa dunia cenderung kepada paham yang materialitis. Oleh karena itu, didirikan Ramakrisna sebagai aliran keagamaan.

Setelah ia mengunjungi Amerika Serikat dan Eropa. didirikanlah suatu perkumpulan Vedanta yang menyebabkan ia lebih terkenal sebagai Vivekananda. Ia mencita-citakan adanya integrasi antara pengetahuan dan vedanta, sehingga pahamnya merupakan sintese antara Timur dengan Barat.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Tokoh-tokoh pembaharu nasionalisme di asia selatan"