Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Partai Kongres didirikan oleh Allaln O Hume 1885

Partai Kongres didirikan oleh Allaln O Hume 1885 

All Indian National Congress disingkat Congress Party atau Partai Kongres didirikan atas prakarsa seorang Inggris bernama Allan O Hume (1885). Partai itu merupakan partai politik pertama yang berperanan penting dalam pergerakan kebangsaan India.

Di dalam fase permulaan di bawah pimpinan W.C. Bannerji, sikap partai ini belum keras terhadap Inggris. Partai itu hanya bermaksud mencapai kesejahteraan rakyat India dengan mempergunakan jalan yang tidak melanggar undang-undang.


Seorang anggota partai dari Maratha bernama Tilak yang juga menjadi pemimpin majalah Kesari, tidak menyetujui cara-cara lunak dan menghendaki cara radikal. Ia membangkitkan semangat kepahlawanan Hindu yang kemudian mengarah pada pengertian bahwa India ialah Hindu.

Pandangan Tilak menyebabkan golongan Islam yang merupakan minoritas di India kurang senang. Hal ini merupakan kesempatan bagi pemerintah Inggris (British Raj) untuk menjalankan devide and rule. Propinsi Benggala yang berpenduduk campuran dibagi menjadi Propinsi Benggala Barat untuk orang Hindu dan Benggala Timur untuk orang Islam (1905).

Hal itu berarti pengakuan Inggris atas golongan Islam sebagai kekuatan sosial yang kemudian melahirkan Moslem League (1906) tetapi, kelompok yang menginginkan India sebagai kesatuan menentangnya, sehingga timbul huru-hara yang banyak menimbulkan korban. Inggris terpaksa mencabut kembali pembagian Benggala (1911).

Setelah golongan Islam berdiri sendiri, di kalangan Kongres terdapat dua aliran :

  • Kaum moderat yang cukup puas dengan tuntutan pemerintahan sendiri (swaraj atau home rule) dalam lingkungan kerajaan Inggris. Tokohnya antara lain W.C. Bannerji dan Motilal Nehru.
  • Kaum Radikal yang oleh Inggris disebut sebagai ekstremis yang menuntut kemerdekaan penuh (purna swaraj). Tokohnya antara lain Tilak dan Jawaharlal Nehru.

Post a Comment for "Partai Kongres didirikan oleh Allaln O Hume 1885"