Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benih-benih orde baru dan program perjuangan

Benih-benih orde baru dan program perjuangan 

Selamat datang kali ini saya akan membahas tentang sejarah perkembangan masyarakat Indonesia pada masa orde baru. Merenkontruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa orde baru pada pertamanya Orde Baru ialah koreksi terhadap kebijaksanaan dan penyelewengan konstitusi yang telah dilaksanakan oleh pemerintah sebelumnya.

Penataan dan koreksi yang akan dilaksanakan oleh Orde Baru ialah terhadap segala aspek kehidupan termasuk idiologi. Ketika orde sebelumnya telah berkuasa terjadi penyelewengan idiologi sesat dan menyesatkan yaitu komunis dengan ditandai adanya Partai Komunis Indonesia. Bisakah pada akhirnya Orde Baru memenuhi harapan rakyat dan bangsa dengan tidak melakukan penyelewengan.

munculnya orde baru

A. Ciri pokok kebijakan pemerintahan orde baru.

a. Orde Baru.
Orde baru ialah suatu sikap mental yang telah bertujuan untuk menciptakan tata kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan cultural yang dijiwai oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang telah murni dan konsekuensi.

Landasan perjuangan Orde Baru ialah sebagai berikut ini :
  • Landasan idiil : Pancasila.
  • Landasan konstitusional : Undang-Undang Dasar 1945.
  • Landasan operasional : Ketetapan MPRS/MPR.
Hal-hal yang telah diperjuangkan di dalam Orde Baru yaitu sebagai berikut ini :
  • Masyarakat yang adil dan makmur, baik material maupun spiritual melalui pembangunan daerah.
  • Sikap mental yang positif untuk menghentikan segala penyimpangan terhadap pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  • Sikap mental pengabdian kepada kepentingan rakyat serta melakukan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 secara murni dan konsekuensi.

Program perjuangan orde baru :

  • Melakukan pemilu.
  • Melakukan politik luar negeri bebas aktif.
  • Melanjutkan program anti imperialisme dan kolonialisme.
  • Memperbaiki kehidupan rakyat, baik sandang, pangan.
Benih-benih kelahiran Orde Baru sudah ada sejak waktu ABRI bersama-sama rakyat Pancasila menumpas G 30 S/PKI. Ketika pada waktu itu berbagai golongan kelompok dalam masyarakat telah mengeluarkan pernyataan yang berisi tuntutan supaya PKI dibubarkan.

Pada saat ketika tuntutan itu masih terbatas sifatnya, yakni hanya ditujukan kepada PKI sebagai partai yang telah mendalangi pemberontakan. Tetapi sesungguhnya di dalam tuntutan sudah terkandung sesuatu yang sangat fundamental, yaitu keinginan rakyat untuk melenyapkan kekuatan yang bertentangan dan bahkan telah mengkhianati Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Terkandung juga keinginan untuk melakukan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 secara murni dan konsekuensi. Di dalam upaya menegakkan kembali kemurnian Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, maka pada tanggal 14 Mei 1966 beberapa partai politik dan organisasi massa telah menandatangani piagam pembentukan Front Pancasila yang akan dijadikan wadah persatuan dan kesatuan rakyat pendukung Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Meskipun ada partai-partai dan organisasi-organisasi massa yang telah bergabung di dalam Fron Pancasila ialah : NU, PSII, Partkindo, IPKI, Perti, Partai Katholik, Soksi, Muhammadiyah, dan Gasbiindo (Kompas, 4 Mei 1966).

Bersama-sama dengan Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), Front Pancasila muncul sebagai pendukung Orde Baru dan telah mempelopori tuntutan yang lebih luas yang telah menyengkut penataan kembali kehidupan kenegaraan sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Tuntutan-tuntutan tersebut antara lain sebagai berikut ini :

  • Di kalangan rakyat telah dipelopori oleh Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), pada bulan Januari 1966 telah menuntut agar kabinet dibersihkan dari unsur-unsur G 30 S/PKI, yang berarti sudah menyinggung di bidang pemerintahan. Selain untuk menuntut supaya harga-harga diturunkan dan yang berarti tuntutan di bidang ekonomi yang menyangkut hajat hidup orang banyak.
  • Di dalam kalangan Militer melalui Menko Hankam atau Kasad, pada bulan Oktober 1965 telah menuntut retooling pimpinan Angkatan yang terlibat di dalam pemberontakan G 30 S/PKI.

Baca juga di bawah ini :
Selamat membaca semoga artikel yang telah saya tulis ini menjadi bermanfaat bagi teman-teman yang telah berkunjung di artikel saya ini, semoga tambah pengalaman di bidang sejarah nasional. Saya ucapkan terimakasih selamat belajar.

Post a Comment for "Benih-benih orde baru dan program perjuangan"