Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendapat para ahli pengertian tari

Pendapat para ahli pengertian tari 

Pendapat para ahli pengertian tari - Pengertian seni tari catatan di dalam sejarah pada masa lampau nusantara bisa berakulturasi dengan berbagai agama dan budaya dari luar, dengan cara tawar menawar yang panjang, sehingga telah terwujud budaya baru yang kemudian telah menjadi milik bangsa Indonesia.

Oleh karena itu dalam kenyataannya sekarang semenjak kemerdekaan, budaya lokal selalu terpojok tak berdaya untuk menghadapi desakan berbagai masalah yang telah tiba dari luar dirinya, keragaman budaya lokal semakin lama semakin hilang dan banyak yang telah mati.

kebudayaan seni tari

Dari penelitian para ahli budaya Jawa hampir selalu mengatakan bahwa ajaran moral dan etika Jawa selalu diungkapkan secara tersamar, metamor, abstrak, simbolik atau melalui perlambangan. Tetapi justru segala hal diekspresikan secara simbolik ini telah sering menciptakan penafsiran ganda serta cenderung ke arah pengaburan makna yang hakiki.

Oleh karena itu, dapat dipastikan pemaknaan dari berbagai wacana lazimnya sangat dipengaruhi oleh kepentingan pemberi tafsir. Pada dasarnya nilai budaya Jawa itu baik, universal dan hampir selalu up to date, berkembang cepat di dalam kehidupan masyarakat terutama melalui seni tari.

Untuk itu bisa mengimbangi serta bisa menghayati lajunya perkembangan seni tari diperlukan keuletan, ketekunan serta keberanian mendidik dan mengolah yang bisa untuk membangkitkan semangat belajar untuk cinta dan senang terhadap seni tari.

Terutama di keraton Surakarta kira-kira abab ke-19 telah menunjukkan bahwa setiap diadakan penobatan raja atau menghormati tamu raja serta pesta tanggap warsa atau ulang tahun dan sebagainya disajikan tari bedaya, serimpi, wireng yang sedemikian indah sangat berkenan dan memikat, mempesona para tamu negara yang dipandang sebagai kehormatan raja.

Untuk mengingat indahnya bentuk juga mengetahui daya guna serta daya kemajuan tari yang pesat, maka oleh karena itu para ahli kraton Surakarta berpendapat arti tari ialah :
  • Tari juga bisa untuk alat pemikat sesuai tujuan dan kebutuhan.
  • Salah satu kegiatan budaya manusia yang bisa dirasakan sebagai alat ungkap.
  • Tari bisa membawa manusia untuk menikmati hidup bahagia sejahtera lahir batin.
  • Tari memiliki kehidupan jiwa peran halus untuk bisa memberikan informasi kepada orang lain yang bisa menghayati.

Pendapat para ahli 

  •  Drs. S. Humardani, seni tari ialah ungkapan bentuk gerak-gerak ekspresif yang indah dan ritmi.
  • Prof. Dr. Soedarsono, ekspresi jiwa manusia yang telah diungkapkan di dalam bentuk gerak yang ritmis dan indah.
  • John Martin (Amerika), Ekspresi jiwa manusia yang telah diungkapkan lewat bentuk-bentuk gerak yang ritmis dan indah. Hal ini bisa dipelajari di dalam bukunya ''Dance is the expression of the Human Soul by means of Beautiful Rhytmical movement''.
  • Curt Sach, seni tari ialah gerak yang ritmis dan ekspresif.
  • Susane K. Langer, seni tari ialah gerakan yang berbentuk secara ekspresif untuk bisa dinikmati dengan rasa.
  • Corrie Hortong (Belanda), seni tari ialah gerak-gerak yang diberi bentuk ritmis dari anggota tubuh didalam ruang dan waktu tertentu.
  • Pangeran Suryodiningrat, ''Babat lan mekaring joged jawi'', telah memberikan pengertian dengan memakai bahasa jawa, yaitu ''Ebahing sedaya saran during tubuh, ingkang sinarengan ungeling gending atau gangsa, katata selaras wiramaning gendhing, jumbling pasermon kaliyan pikajenging joged artinya ungkapan gerak semua anggota badan yang terpadu irama secara harmonis dengan iringan atau gending dan sesuai dengan watak serta kehendak tarinya.

Dari beberapa pendapat para ahli tersebut diatas sepintas ada perbedaan tetapi satu dengan yang lain mengandung makna aspek yang telah sama yaitu gerak, ritmis, ekspresi dan indah atau keindahan. Sehingga kesimpulannya ialah ekspresi jiwa yang telah diungkapkan dengan bentuk-bentuk gerak ritmis yang indah.

Makna seni tari harus ada unsur-unsur gerak, estetika, ritmis, artistik, ruang, tujuan atau maksud dan tempo atau waktu. Unsur-unsur seni tari tersebut akan kami bahas pada buku seni tari jilid satu semester dua. 

Semoga artikel di atas telah menjadi bermanfaat bagi teman-teman yang telah membacanya untuk menambah pengalaman dan bisa mengerti bagaimana pengertian seni tari. Terimakasih telah berkunjung di artikel kami.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Pendapat para ahli pengertian tari"