Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Olah badan dalam teknik teater

Olah badan dalam teknik teater 

Olah badan dalam teknik teater - Di dalam teater juga memerlukan teknik-teknik tertentu, seperti teknik bermain teater tradisional pada umumnya terletak pada permainan tari, nyanyian dan musik tradisional setempat.Tetapi permainan tersebut tidak akan bisa berhasil tanpa ada teknik dasar permainan teater, yaitu olah badan, olah suara atau vokal, olah sukma. Semuanya itu harus dilakukan dengan latihan.

a. Olah badan.

Olah badan di dalam bermain teater tradisional ialah latihan-latihan dasar tari. Ikutilah latihan-latihan berikut ini :

1. Gerakan leher dan kepala.


Gerakan leher dan kepala telah dimulai dari gerakan kepala miring ke kiri dan ke kanan, lalu kemudian menoleh ke kiri dan ke kanan, dan dimajukan sampai pada gerakan memutar kepala.

2. Gerakan pinggang, perut, dada dan bahu.


Gerakan pinggang dimulai dengan gerakan pinggang ke samping kanan, ke kiri, dan memutar. Lalu kemudian dilanjutkan dengan gerakan perut dengan membungkukkan tubuh dan menegakkan badan. Gerakan dada dan bahu yaitu dengan cara menaikkan dan menurunkan bahu, mengembangkan dada.

3. Gerakan tangan.


Gerakan tangan dimulai dengan menggerakkan ayunan ke depan, ke belakang, gerakan tangan yang membuat garis diagonal, rentangan tangan dibuka dan diletakkan di atas bahu, sampai pada gerakan membentuk garis lengkung.

4. Gerakan kaki.


Gerakan kaki dimulai dari menekuk lutut, tumit diangkat, sampai mengangkat kaki, lalu disilangkan, dan selanjutnya jongkok terus berdiri, telentang kemudian duduk, dan berjalan pelan-pelan dan berjalan cepat dan berlari.

Melatih kelenturan tubuh

5. Gerakan keseluruhan badan.


Setelah gerakan-gerakan di seluruh tubuh dilatih dengan baik dan benar, maka gerakan badan selanjutnya ialah menggabungkan gerakan-gerakan tersebut menjadi gerakan menyeluruh. Latihan gerakan kepala menoleh ke kanan dan ke kiri, tangan kanan diulurkan ke depan pelan-pelan dan tangan kiri menggapai ke atas.

Majulah pelan-pelan sambil menggerakkan kelenturan badan. Lalu kemudian jongkok dan berdiri dengan memakai sebelah kaki. Tubuh dicondongkan ke depan, tangan telentang seperti membuat pesawat terbang. Demikian dan seterusnya sehingga sampai badan terasa lentur dan tidak kaku. Dengan cara menggerakkan seluruh badan secara teratur akan memudahkan kita untuk memainkan badan kita dengan baik sesuai tokoh yang akan kita perankan.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Olah badan dalam teknik teater"