Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gagasan dan teknik seni rupa

Gagasan dan teknik seni rupa  

Gagasan dan teknik seni rupa  - Nusantara yang terdiri dari tiga belas ribu lebih pulau dihuni lebih dari tiga ratus suku bangsa dengan berbagai bahasa daerah sebagai sarana komunikasi mereka, tetapi juga dapat kita banyangkan betapa luas hal mengenai budaya, khususnya seni rupa terapan.

Tetapi gagasan dan teknik yang akan kita coba selidiki walau mungkin hanya dasar dan sebagian besar yang telah dapat dilihat di sekitar lingkungan kita di daerah kita. Seni rupa terapan di berbagai tempat Nusantara banyak memperoleh pengaruh dari budaya lain.


Nusantara sebagai perlindungan bangsa lain untuk meneruskan perjalanan sambil menunggu datangnya angin, mereka banyak mempengaruhi bentuk, corak maupun gagasan di dalam berkreasi seni terapan atau kerajinan.

Gagasan, gaya seni rupa terapan Nusantara banyak terinspirasi dari zaman prasejarah, jauh sebelum bangsa Austronesia tiba sekitar lima ribu tahun yang lalu. Seni Kriya yang merupakan bentuk seni rupa terapan. Seni kriya bisa juga disebut seni kerajinan karena merupakan bagian dari seni rupa yang menuju ke seni hias dan seni pakai.

Pembuatan yang perlu diutamakan adalah ketrampilan dan kecekatan. Pada umumnya seni kriya atau kerajinan cenderung dibikin sebagai barang produksi atau seni industri. Kita perlu memperhatikan atau pengamatan karya seni rupa terapan bisa menghargai dan menikmati sesuatu karya seni apabila bisa kita mengerti, memahami, dan menilai kepekaan rasa estetisnya.

Apresiasi sangat penting untuk kita karena hasil karya seni kita bisa melatih kepekaan rasa, memberi kenikmatan, dan memperkaya jiwa serta memperhalus budi pekerti dan sopan santun. Semua ini ialah unsur dari gagasan dan teknik seni rupa terapan nusantara.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Gagasan dan teknik seni rupa "