Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keterkaitan biotik dan abiotik dalam kehidupan manusia

Keterkaitan biotik dan abiotik dalam kehidupan manusia 

Seiring dengan berkembangnya kebudayaan, manusia mulai mengembangkan peralatan untuk membantu keterkaitan antara komponen alam abiotik dan biotik sosial budaya dalam kehidupan masyarakat antara lain :

a. Di daerah pantai (komponen alam) berkembang kehidupan nelayan (komponen sosial) yang berbeda dari kehidupan petani yang tinggal di daerah pegunungan.
b. Untuk kepentingan pertanian pemerintah komponen sosial membangun bendungan (komponen binaan)
c. Penduduk (komponen sosial) dalam memenuhi kebutuhan pangannya membuka hutan (komponen alam) untuk dijadikan lahan pertanian.
d. Meluasnya lahan pertanian (komponen binaan) membuat banyak satwa (komponen alam) kehilangan habitat hidupnya sehingga sebagian mengalami kepunahan atau bermigrasi ke daerah lain.
e. Di daerah yang berbukit (lingkungan alam), rumah-rumah (lingkungan binaan) dibangun secara terpencar atau menyebar dalam kelompok-kelompok kecil.
f. Di daerah tropis (lingkungan alam) dengan curah hujan yang tinggi atap rumah (lingkungan buatan) dibangun dilereng yang curam supaya air hujan cepat mengalir ke tanah.
g. Di daerah perkotaan (lingkungan binaan) berkembang lingkungan sosial yang sangat beragam (lingkungan sosial) dibanding dengan lingkungan pedesaan.

Interaksi manusia dengan lingkungan

Hubungan antar komponen lingkungan tersebut, pelajari beberapa contoh di daerah perkotaan (lingkungan binaan), berkembang lingkungan sosial yang sangat beragam (lingkungan sosial) dibanding dengan pedesaan.

Di daerah yang berbukit (lingkungan alam) rumah-rumah (lingkungan binaan) dibangun secara terpencar/menyebar dalam kelompok-kelompok kecil. Di daerah tropis (lingkungan alam) dengan curah hujan yang tinggi, atap rumah (lingkungan buatan) dibangun dengan lereng yang curam supaya air hujan cepat mengalir ke tanah.

Seiring dengan berkembangnya kebudayaan, manusia mulai mengembangkan peralatan untuk membantu mereka mengambil dan mengolah sumber daya alam. Karena lebih mudah untuk mengambil dan mengolah sumber daya alam serta makin besarnya jumlah populasi manusia, volume sumber daya alam yang diambil terus meningkat. 

Manusia tidak lagi hanya mengambil apa adanya dari alam tetapi berupaya membudidayakannya melalui aktivitas pertanian, perikanan dan peternakan. Budidaya pertanian atau perikanan merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang terus meningkat seiring dengan meningkatnya populasi.

Kebutuhan manusia juga makin beragam tidak hanya berupa kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, dan rumah tetapi juga beragam seperti kebutuhan kendaraan, perhiasan, alat komunikasi, dan lain-lain. Kebutuhan dasar semakin beragam jenisnya.

Jenis makanan semakin bervariasi begitu pula dengan jenis pakaian. Rumah tidak hanya sekedar tempat berlindung dari panas dan hujan serta binatang buas tetapi juga menunjukkan status seseorang. Rumah dan perabotan rumah tangga semakin beragam jenisnya.

Semuanya berubah tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan dasar tetapi sebagai gaya hidup. Pada masyarakat modern manusia menempati posisi yang dominan terhadap lingkungannya. Manusia mempengaruhi dan mengubah lingkungan sesuai dengan keinginannya.

Masyarakat yang masih tradisional cenderung menyesuaikan di dengan alam dan membangun hubungan yang harmonis dengan alam. Masyarakat modern memiliki posisi yang dominan terhadap alam karena kemampuan ipteknya namun tetap saja mereka tidak mampu sepenuhnya menguasai atau mengubah alam.

Pada sejumlah kasus mereka harus beradaptasi dengan alam, contohnya manusia sampai saat ini tidak mampu menghentikan bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, sunami dan lain-lain. Mereka pun belum dapat menentukan kapan gunung akan meletus. Upaya yang sebaiknya dilakukan ialah memperkecil dampak dari bencana alam. Manusia tidak mampu mengubah iklim dan unsur-unsurnya seperti angin, hujan dan lain-lain.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Keterkaitan biotik dan abiotik dalam kehidupan manusia"