Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Interaksi pemeliharaan dan pelestarian lingkungan

Interaksi pemeliharaan dan pelestarian lingkungan 

Dinamika interaksi sosial manusia dengan lingkungan yang merupakan interaksi suatu bentuk hubungan timbal balik antara individu dengan individu, Individu dan kelompok serta kelompok dengan kelompok. Interaksi manusia bukan hanya dengan individu kelompok saja, melainkan mencakup interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.

Dalam interaksi tersebut terjadi berbagai macam permasalahan yang disebut dengan dinamika interaksi. Dinamika ini mendorong terbentuknya suatu perubahan kepada hal yang baik atau pun hal yang sebaliknya. Manusia berinteraksi dengan lingkungan hidupnya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia, baik langsung maupun tidak langsung.

Interaksi lingkungan

Interaksi antara manusia dan lingkungan hidup merupakan proses saling mempengaruhi antara satu dan lainnya. Lingkungan hidup memiliki pengaruh besar bagi manusia karena merupakan komponen penting dari kehidupan manusia. Begitupun sebaliknya manusia memiliki pengaruh besar terhadap lingkungan hidup dalam hal pemeliharaan dan pelestarian.

Lingkungan hidup manusia terdiri atas :

1. Lingkungan Sosial adalah lingkungan yang dibuat oleh manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk hidup. Perilaku, aturan, nilai, norma, kepercayaan dan adat istiadat merupakan bagian dari kebudayaan. Kebudayaan merupakan salah satu unsur penting yang dimiliki oleh suatu masyarakat. 
2. Lingkungan ekonomi adalah faktor ekonomi yang mempengaruhi jalannya usaha atau kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh sejumlah ekonomi pemerintah, pendapatan masyarakat, sumber daya ekonomi yang tersedia dan sebagainya.
3. Lingkungan budaya adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, sistem pengetahuan, kesenian, moral, keilmuan, hukum, adat istiadat serta kemampuan lain yang didapat manusia sebagai anggota masyarakat. Manusia dan lingkungan budaya adalah dua hal yang saling terkait satu dengan lainnya. Budaya timbul dari hasil interaksi sesama manusia. Manusia pula yang melestarikan budaya tersebut dengan cara menurunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
4. Lingkungan alam (natural environment) adalah lingkungan yang terbentuk secara alamiah tanpa campur tangan manusia. Lingkungan alam mencakup semua benda hidup dan tak hidup yang terjadi secara alamiah manusia perlu berhubungan atau berkomunikasi dengan yang lainnya. Maka terjadilah apa yang dinamakan proses sosial. Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan saling mempengaruhi antar manusia.

Komponen lingkungan dapat dibedakan menjadi :

a. Lingkungan biotik adalah lingkungan hidup yang terdiri atas makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan, hewan dan jasad renik.
b. Lingkungan abiotik adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas benda-benda tidak hidup seperti tanah, batuan, udara dan lain-lain.

Pada awalnya interaksi manusia dan lingkungan lebih bersifat alami dan mencakup komponen-komponen seperti abiotik yang tidak dapat diperbarui, biotik yang dapat diperbarui. Namun jumlah manusia dan kebutuhannya terus bertambah sehingga mereka terus menerus mengambil sumber daya yang ada di alam.

Kenyataannya tidak hanya jumlahnya yang bertambah tetapi gaya hidupnya juga berubah. Makin maju kehidupan manusia makin banyak kebutuhannya. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya. Contohnya kita bernapas dari udara dari lingkungan sekitar. Kita makan, minum, dan menjaga kesehatan semuanya memerlukan lingkungan. 

Lingkungan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Di daerah perkotaan, lingkungan didominasi oleh komponen-komponen kehidupan perkotaan seperti jalan, pemukiman, perkantoran, hotel, dan lain-lain. Lingkungan alam telah diganti atau diubah secara besar-besaran oleh lingkungan buatan atau binaan.

Interaksi manusia dan lingkungannya berlangsung melalui dua cara yaitu :
1. Manusia dipengaruhi oleh lingkungan.
2. Manusia memiliki kemampuan untuk mengubah lingkungan.

Karakteristik interaksi tersebut berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya atau satu masyarakat dan masyarakat lainnya. Pada masyarakat yang tradisional ada kecenderungan lingkungan lebih dominan dalam mempengaruhi kehidupan seperti halnya dalam lingkungan masyarakat pedesaan.

Sebaliknya pada daerah yang masyarakatnya memiliki tingkat peradaban yang telah maju manusia cenderung dominan sehingga lingkungannya telah banyak berubah dari lingkungan alam menjadi lingkungan binaan hasil karya manusia seperti halnya dalam lingkungan masyarakat perkotaan.

Baca juga di bawah ini : 

Post a Comment for "Interaksi pemeliharaan dan pelestarian lingkungan"