Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sifat P.N.I dan P.E.B.

Sifat P.N.I dan P.E.B. 

Memang machtsvormingnya P.E.B. machtsvormingnya Vaderlandsche Club, machtsvormingnya ''Tulak Bahla Tawil Umur'' tidaklah sama sifat dengan machtsvormingnya P.N.I. Sedang P.E.B. mengejar kepentingan-kepentingan yang sesuai dengan kepentingan imperialisme sedang Vaderlandsche Club mau meneruskan penjajahan Indonesia itu sampai lebur kiamat, sedang T.B.T.O. percaya pula didalam kebahagiaannya penjajahan itu.

Sedang perkumpulan-perkumpulan itu adalah partai-partai reaksi atau behoudspartijen, maka P.N.I. adalah mengajar kepentingan-kepentingannya yang sama sekali bertentangan dengan kepentingannya imperialisme, P.N.I. adalah partai perlawanan, partai opposisi.

Machtsvorming P.N.I. sebagai yang tadi kami katakan, machtsvorming P.N.I. adalah timbul dari pada keyakinan bahwa soal kolonial adalah soal macht. Selama rakyat Indonesia belum menjadi suatu macht yang maha sentausa, selama rakyat itu masih saja tercerai-berai dengan tiada kerukunan satu sama lain, selama rakyat itu belum bisa mendorongkan semua kemauannya dengan suatu kekuasaan yang teratur dan tersusun.

Selama itu maka kaum imperialisme yang mencari untung sendiri itu akan tetaplah memandang kepadanya sebagai seekor kambing yang menurut dan akan terus mengabaikan segala tuntutan-tuntutannya. 

Sebab tiap-tiap tuntutan rakyat Indonesia adalah merugikan kepada kepada imperialisme; tiap-tiap tuntutan rakyat Indonesia tidaklah akan diturutinya, kalau kaum imperialisme itu tidak terpaksa menurutinya. Tiap-tiap kemenangan rakyat Indonesia atas kaum imperialisme dan pemerintah adalah buahnya desakan yang rakyat itu kerjakan tiap-tiap kemenangan rakyat Indonesia itu adalah suatu afgedwongen concessie. 

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Sifat P.N.I dan P.E.B."