Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Politik Gouverneur-generaal Fock

Politik Gouverneur-generaal Fock 

Diciderainya persanggupan-persanggupan November itu tidaklah membikin keingkaran kita. Politiknya gouverneur-generaal Fock yang menciderainya kata kehormatan yang oleh pemerintah van Limburg Stirum dipersanggupkan itu; politiknya g.g. Fock yang malahan memberatkan nasib kita dengan bezuiniging, dengan overcompleet, dengan cabutan duurtetoeslag, dengan tambahan belasting, dengan circulaire pembungkeman, dengan vergaderverbod, dan lain-lain sebagainya.

Politiknya g.g. Fock yang sama sekali suatu penghinaan atas semangatnya persanggupan-persanggupan November itu, politik yang demikian itu tidaklah mengasalkan kami punya azas, tetapi hanyalah menambah teguhnya kami punya kepercayaan didalam kebenarannya kami punya azas itu sahaja, menambah teguhnya kami punya kepercayaan didalam kebenarannya kami punya analysi.

Politik Gouverneur-generaal Fock

Bahwa kaum imperialisme yang sesudahnya perang besar itu malahan makin butuh akan kekayaan Indonesia, haruslah menjalankan pengaruhnya atas pemerintahan. November-beloften yang toch dikasihkannya juga tidak karena sekoyong-koyong kita dipandang lebih ''matang'' sedikit tetapi hanya karena keadaan politik ada sangat mengkhawatirkan yakni oleh karena pada masa itu perhubungan Nederland-Indonesia ada menjadi sangat tipis sekali pergerakan rakyat makin membanjir sedang keadaan di Nederland sendiri ada sangat berbahaya.

November-beloften yang oleh karenanya, toch sudah mempunyai sifat ''persanggupan karena takut'' alias ''angstbeloften'' itu Novemberbeloften itu, sesudah bahaya hilang oleh kaum imperialisme tidak boleh tidak harus dipaksakan menciderainya. 

Ketika itu, kejadian-kejadian internasional sudahlah mencapai puncak kepanasannya tatkala singgasana-singgasana hancurlah terpukul terbang di kanan-kirinya telinga rakyat Belanda dan tatkala gunturnya revolusi-revolusi luar negeri gemuruh terdengar menyambar-nyambar diatas ladang-ladangnya.

Begitulah Troelstra menggambarkan keadaan tatkala November-beloften itu perlu diucapkan, tetapi sesudahnya bahaya hilang tatkala November-beloften itu perlu dicabut lagi, maka segeralah kita mengetahui ''rahasia'' sebabnya, yakni ''rahasia'' yang dibukakan oleh Prof. Treub didalam vergaderingnya ondernemersraad pada 21 Juni 1923.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Politik Gouverneur-generaal Fock"