Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tombak Pamor Kala Cakra di musium Keraton Solo

Tombak Pamor Kala Cakra di musium Keraton Solo 

Selamat datang juragan semoga masih sehat selalu........Saya akan berbagi pengalaman yang saya alami waktu jalan-jalan ke kota Solo atau biasa di kenal kota Bengawan yang masih bernuansa banyak sejarahnya. Saya akan bercerita tentang sejarah di dalam musium Keraton Kasunanan Surakarta.

Pada waktu saya mendatangi atau berekreasi ke alun-alun utara Keraton Kasunanan Surakarta Solo saya melihat-lihat di dalam musium dan ternyata di dalam musium tersebut telah dipamerkan beberapa peninggalan jaman sejarah yaitu sebuah beberapa keris atau tombak yang di pajang atau di pamerkan.

Gambar Senjata Tombak Keraton Solo

Masuk ke dalam musium tersebut di haruskan kita membayar uang sebesar Rp. 2000,00/karcis cukup murah bukan untuk mendapatkan pengalaman yang tidak bisa di ukur dengan nilai uang atau harganya yang kita dapat dari sebuah pengalaman bersejarah yang tersaji di dalam musium tersebut.

Saya waktu di dalam musium telah memotret salah satu keris atau yang di beri nama Tombak Pamor Kala Cakra peninggalan jaman sejarah yang tersaji di dalam sebuah tempat almari kaca atau yang biasa di sebut instalase. Ternyata di dalam tempat keris atau tombak tersebut juga tersaji sebuah bunga melati dan bunga kantil dan sebuah air putih di tempatkan di gelas.

Waktu saya di dalam musium selain keris dan tombak juga terdapat pameran-pameran yang lainnya juga termasuk peninggalan sejarah semua yang masih terawat hingga sekarang dengan baik. Itu semua termasuk peninggalan budaya Indonesia yang masih terjaga dengan baik untuk mengenang jaman sejarah yang masa lalu.

Saya sempat bertaya ke petugas musium tersebut yang bertugas ternyata keris atau tombak tersebut salah satu benda yang di keramatkan atau di sakralkan karena pada jaman dahulu kala benda tersebut sangat berjasa kepada pejuang-pejuang kita yang telah mendahului kita untuk mempertahankan kemerdekaan kita.

Benda bersejarah itu salah satu benda yang dipergunakan untuk senjata para pejuang Keraton Kasunanan Surakarta Solo untuk melawan para penjajah. Sangat besar jasa dari sebuah keris ini karena berkat keris ini pejuang kita dapat melawan para penjajah yang lebih modern alat persenjataannya dan pejuang kita cuma mengandalkan sebuah keris saja untuk melawan mereka atau penjajah tersebut.

Itulah sebuah cerita yang saya dapatkan waktu refresing atau jalan-jalan ke Kota Solo. Jika kalian pergi ke Kota Solo jangan lupa di sempatkan untuk datang ke musium Keraton Kasunanan Surakarta untuk mengetahui sejarah-sejarah atau budaya Indonesia yang masih terjaga hingga sekarang terawat dengan baik.

Baca juga selanjutnya Poci Kuno Kraton Kasunanan Surakarta (SOLO)

Post a Comment for "Tombak Pamor Kala Cakra di musium Keraton Solo"