Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang pengabdian perjuangan untuk membela perdamaian dunia

Tentang pengabdian perjuangan untuk membela perdamaian dunia 

Bahwa masa depan dunia dimana perdamaian sebagai sumber hidup dan kehidupan manusia untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan adalah perjuangan pokok Rakyat Indonesia dan seluruh Ummat Manusia seperti ditegaskan oleh Presiden/Panglima Tertinggi/Pemimpin Besar Revolusi Indonesia Bung Karno sebagai berikut :

Majelis Umum ini tentunya akan menghadapi hal-hal yang penting. Tetapi tidaklah ada hal yang lebih penting daripada perdamaian. Yang pasti adalah bahwa negara-negara yang baru lahir dan yang dilahirkan kembali tidak merupakan ancaman terhadap perdamaian dunia.

Tentang pengabdian perjuangan untuk membela perdamaian dunia

Kami tidak mempunyai ambisi-ambisi teritorial ; kamipun tidak mempunyai tujuan-tujuan ekonomi yang tidak bisa disesuaikan. Ancaman terhadap perdamaian tidak datang dari kami, tetapi malahan dari fihak negara-negara yang lebih tua, yang telah lama berdiri dan stabil itu.

Selanjutnya dikatakan bahwa sumber ketegangan dan sengketa internasional yang mengancam perdamaian dunia adalah imperialisme dan kolonialisme ditegaskan sebagai berikut : Ancaman terhadap perdamaian berasal langsung dari adanya imperialisme dan kolonialisme itulah.

Singkirkan pengekangan terhadap kemerdekaan dan emansipasi, dan ancaman terhadap perdamaian akan lenyap. Tumbangkan imperialisme dan segera dengan sendirinya dunia akan menjadi suatu tempat yang lebih bersih suatu tempat yang lebih baik dan suatu tempat yang lebih aman.

Untuk mencapai perdamaian, sebab-sebab peperangan harus dilenyapkan, ditegaskan sebagai berikut : 

''Lenyapkanlah sebab-sebab peperangan dan kita akan merasa damai. Lenyapkanlah sebab-sebab ketegangan dan kita akan merasa menang. Jangan ditunda-tunda waktunya singkat bahayanya besar. Tugas kita bukannya untuk mempertahankan dunia ini, akan tetapi untuk membangun dunia kembali.

Untuk membicarakan soal perdamaian dunia harus diikutsertakan seluruh bangsa-bangsa didunia seperti ditegaskan oleh Presiden/Panglima Tertinggi/Pemimpin Besar Revolusi Indonesia Bung Karno sebagai berikut :

''Empat negara besar itu saja, tidak dapat menentukan masalah perang dan damai. Lebih tepat, barang kali, mereka mempunyai kekuatan untuk merusak perdamaian tetapi mereka tidak mempunyai hak moril, secara sendirian maupun bersama-sama untuk mencoba menentukan hari depan dunia.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Tentang pengabdian perjuangan untuk membela perdamaian dunia"