Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ekspansi ke luar Eropa

Ekspansi ke luar Eropa 

Hampir sebagai besar tulisan yang membicarakan topik ini mulai dengan menyebutkan alasan atau faktor-faktor yang mempengaruhi, baik dalam arti pendorong maupun penarikan terjadinya ekspansi Barat ke luar Eropa, namun mereka tidak membedakan secara tegas konteks waktu dan bangsa yang terlibat dalam proses ekspansi itu.

Ada tiga alasan utama yang biasa disebutkan, yaitu ekonomi, kekuasaan dan agama. Persoalan yang muncul, bukan tiga alasan yang telah disebutkan di atas semuanya salah, namun alasan-alasan yang ada cenderung digeneralisir seolah-olah berlaku baik untuk ekspansi pada abad ke-16 maupun abad ke -19 dan berlaku untuk semua bangsa Eropa.

Ekspansi ke luar Eropa

Padahal pada garis tegas yang bisa ditarik untuk membedakan ekspansi bangsa Eropa sebelum dan sejak abad ke-19 dan masing-masing bangsa, biarpun tidak bisa dipungkiri terjadi tumpang tindih atau kesinambungan.

Sebagai contoh, agama dapat digunakan untuk menjelaskan alasan awal ekspansi ke luar Eropa dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Portugis dan Spanyol, namun alasan yang sama tidak dapat digunakan begitu saja untuk menjelaskan pengalaman sejarah bangsa Belanda dan Inggris di kepulauan Indonesia.

Begitu juga alasan mencari bahan mentah dan pasar yang berkaitan dengan revolusi industri tidak dapat digunakan untuk semua bangsa, karena Belanda misalnya mengalami industrialisasi jauh terlambat pada abad ke-19 dibandingkan dengan Inggris.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Ekspansi ke luar Eropa"