Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Tragedi Berdirinya ASEAN

Sejarah Tragedi Berdirinya ASEAN 

Konferensi Bandung 1955 bagi kawasan Asia Tenggara merupakan tonggak permulaan bagi gagasan kerjasama regional berdasarkan kekuatan-kekuatan intern-regional sendiri menuju ke arah pembentukan zone damai, bebas, dan netral. Ada dua organisasi yang membawa pada pembentukan ASEAN.

Yang pertama, Associaton of Southeast Asia (ASA)  yang dibentuk berdasarkan Dekla-rasi Bangkok tahun 1961 antara Malaysia, Muangthai, dan Filipina. Dan yang ke dua, MAPHILINDO yang beranggotakan Malaysia, Filipina, dan Indonesia pada tahun 1963, di tengah-tengah dekolonisasinya Inggris yang kurang memuaskan Indonesia dan Filipina mengenai penggabungan Kalimantan Utara ke dalam Malaysia.

Sejarah Tragedi Berdirinya ASEAN

Akhirnya kesemuanya itu diganti dengan ASEAN pada tahun 1967 setelah terjadi perubahan yang dramatis di Indonesia akibat Peritiwa G 30 S ( Ruslan Abdulgani, 1978:35 ). Thanat Khoman dari Birma pada Mei 1967 mengajak Tunku Abdul Razak dari Malaysia dan Adam Malik dari Indonesia untuk membentuk organisasi yang lebih besar dari ASA.

Adam Malik menyetujui Draft Joint Declaration yang diusulkan tersebut, dan Adam Malik dapat menyakinkan Tunku Abdul Razak untuk mendukungnya ketika mereka bertemu di Bangkok. Draft tersebut yang membentuk dasar Deklarasi ASEAN, walaupun persetujuan akhir banyak juga diambil dari konsep ASA dan Maphilindo.

Seperti dikatakan Tunku Abdul Razak ''...seluruh pekerjaan yaNg telah berlangsung dalam ASA dan semua gagasan membangun yang telah dikembangkan, tidak boleh disiasiakan. Degan kata lain, ASA telah membenamkan tiang pancang dan membuat dasar yang diatasnya bangunan ASEAN....''.

Adapun tokoh-tokoh pendiri ASEAN :

a. Adam Malik ( Menteri Utama Bidang Politik/Menteri Luar Negeri Indonesia ).
b. Tunku Abdul Razak ( Wakil PM/Menteri Pembangunan Nasional Malaysia ).
c. S. Rajaratnam ( Menteri Luar Negeri Singapura ).
d. Narciso Ramos ( Menteri Luar Negeri Filipia ).
e. Thaat Koman ( Menteri Luar Negeri Muangthai ).

Itu semua adalah ulasan tentang terjadinya berdirinya ASEAN dan tokoh-tokoh yang berperan di dalamnya.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :


Post a Comment for "Sejarah Tragedi Berdirinya ASEAN"