Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Periode Mesir Kuno Zaman Antara Pertama Pertengahan Kekuasaan Wangsa

Periode Mesir Kuno Zaman Antara Pertama Pertengahan Kekuasaan Wangsa 

Sesudah terjadinya keruntuhan Kerajaan Lama, tibalah kurun waktu sekitar 200 tahun yang telah dikenal dengan Zaman Antara Pertama, yang dikaitkan diperkirakan meliputi tahun-tahun pemerintahan serentet Firaun tak dikenal semenjak akhir masa kekuasaan Wangsa Keenam sampai dengan Wangsa Kesepuluh, serta sebagian besar masa kekuasaan Wangsa Kesebelas. 

Sebagian besar firaun-firaun itu ialah raja-raja daerah yang telah berkuasa. Sebagian beberapa naskah fiksi, yang dikenal sebagai Ratapan, berasal dari permulaan Zaman Kerajaan Pertengahan yang bisa memberi sedikit gambaran untuk apa saja yang telah berlangsung pada waktu Periode Menengah Pertama. 

Model Rumah Zaman Mesir Kuno

Model Rumah Zaman Mesir Kuno

Beberapa naskah memuat renungan akan menghancurnya tata pemerintahan, sementara naskah-naskah lain menyiratkan invasi "para pemanah dari Asia". Pada umumnya isi naskah-naskah itu menyoroti suatu masyarakat yang akan mengalami hilangnya tata-tertib kemasyarakatan maupun keseimbangan alam.

Pada zaman ini telah terjadi perampokan atas semua piramida dan gugus-gugus makam. Naskah-naskah Ratapan selanjutnya menyiratkan kenyataan ini, dan menjelang permulaan Zaman Kerajaan Pertengahan mumi-mumi akhirnya dihias dengan mantera-mantera sihir yang sebelumnya dikhususkan bagi piramida raja-raja Wangsa Keenam untuk menghindari pencurian dan perampok.

Menjelang 2160 SM sebuah masalah baru para Firaun dari (Wangsa Kesembilan dan Wangsa Kesepuluh) mempersatukan dan memerintah atas Mesir Hilir dari ibukota mereka di Herakleopolis Agung. 

Wangsa tandingan (Wangsa Kesebelas) yang berpangkalan di Thebes telah mempersatukan kembali Mesir Hulu, dan tanpa dapat dicegah lagi timbullah pertentangan di antara dua wangsa yang saling bersaing itu. 

Pada waktu sekitar 2055 SM bala tentara Thebes berhasil mengalahkan para Firaun Herakleopolis dan mempersatukan kembali Dua Negeri. Pemerintahan Firaun pertamanya, Mentuhotep II, menandai permulaan Zaman Kerajaan Pertengahan.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Periode Mesir Kuno Zaman Antara Pertama Pertengahan Kekuasaan Wangsa"