Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengetahuan Ptolemaios I Bidang Sastra

Pengetahuan Ptolemaios I Bidang Sastra 

Pemerintahan Ptolemaios I, kemungkinan atas nasihat dari Demetrios dari Phaleron, telah mendirikan Museum dan Perpustakaan Aleksandria. Museum itu ialah pusat untuk penelitian yang didukung oleh raja dan terletak di sektor kerajaan di ibukota. Para cendekiawan juga ditempatkan di sektor yang sama dan dibayar oleh para raja.

Mereka mempunyai akses ke Perpustakaan. Kepala perpustakaan bertugas sebagai tutor yang mengajari putra mahkota kerajaan. Selama seratus lima puluh tahun pertama dari keberlangsungannya, pusat penelitian dan perpustakaan itu mampu menarik banyak cendekiawan ternama dari Yunani.

Pengetahuan Ptolemaios I Bidang Sastra

Pengetahuan Ptolemaios I Bidang Sastra

Lembaga tersebut ialah pusat ilmu, sastra, dan pendidikan di Kerajaan Ptolemaik. Perpustakaan Aleksandria pada masa ini ialah perpusakaan terbesar di dunia, dan mempunyai ratusan ribu buku serta mempekerjakan banyak sejarawan, cendekiawan, dan penyair. 

Selama zaman masa keemasan sastra yang singkat di Aleksandria (sek. 280 SM-240 SM), Perpustakaan Aleksandria mempekerjakan tiga penyair besar dari Yunani-Kallimakhos, Apollonios Rhodios, dan Theokritos. 

Karya-karya mereka telah melambangkan sastra Hellenistik terbaik. Para pemikir atau pemuka lainnya yang juga pernah berada di bawah lingkup Perpustakaan Aleksandria adalah matematikawan Euklides (sek. 300 SM), fisikawan Arkhimedes (287 SM – sek. 212 BSMC), dan polymath Eratosthenes (sek. 225 SM).

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Pengetahuan Ptolemaios I Bidang Sastra"