Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masa Ptolemais Demografi Kerajaan Ptolemaik

Masa Ptolemais Demografi Kerajaan Ptolemaik 

Di Kota Yunani kedua yang telah didirikan setelah melumpuhkan Mesir adalah Ptolemais, di mana terdapat sebuah desa yang disebut Psoi, di nome yang disebut Thinis. Jika kalau Aleksandria didirikan untuk mengabadikan nama dan kultus Aleksander Agung, oleh karena itu maka Ptolemais didirikan untuk mengaabdikan nama dan pemujaan Ptolemaios I

Dan dikelilingi oleh bukit-bukit tandus Lembah Sungai Nil, Ptolemais ialah suatu kota Yunani dengan kuil dan teater Yunani, dan telah ikut serta dalam mengembangkan kebudayaan Yunani. Masyarakatnya kebanyakan ialah orang Yunani dengan institusi kota Yunani.

Kerajaan Ptolemaik

Kerajaan Ptolemaik

Kerajaan Ptolemaik terdiri dari berbagai ragam orang yang bermukim di Mesir. Pada masa periode itu, pasukan Yunani di bawah Ptolemaios I Soter telah diberikan lahan dan dibawakan keluarga mereka ke Mesir sampai puluhan ribu orang Yunani berdatangan ke Mesir dan telah menjadi golongan atas. 

Banyak masyarakat Yunani yang diajak oleh pemerintahan Ptolemaik untuk bermigrasi ke Mesir. Sementara itu masyarakat asli Mesir, yang berjumlah lebih banyak, hanya menempati jabatan-jabatan rendah di pemerintahan dan tidak bisa berpengaruh. 

Banyak orang Yahudi yang telah didatangkan dari Palestina, ratusan ribu dari mereka telah dijadikan prajurit militer yang cukup hebat dan tangguh untuk mendirikan komunitas yang penting di Mesir. Banyak masyarakat asing lainnya yang datang dan bermukim di Mesir pada zaman Kerajaan Ptolemaik, di antaranya ialah orang-orang Galatia, yang telah disewa sebagai tentara bayaran.

Sebagai kaum penguasa di Mesir, masyarakat Yunani menjadi golongan yang sangat penting di Kerajaan Ptolemaik. Mereka sebagian telah menjadi tuan tanah, dengan demikian membuat kelompok sosial, di desa-desa dan kota-kota, dan berdampingan dengan masyarakat lokal. 

Sebagian besar masyarakat Yunani tersebar di tiga kota Yunani, yaitu Naukratis, Aleksandria, dan Ptolemais. Pada awal mulanya para pemukim Yunani menganggap rendah terhadap orang Mesir dan melihat mereka sebagai kaum barbar.

Tetapi, generasi-generasi pemukim Yunani selanjutnya tidak lagi berpikiran seperti itu. Mereka bahkan melakukan pernikahan dengan orang Mesir, khususnya di pemukiman yang jauh dari Aleksandria.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Masa Ptolemais Demografi Kerajaan Ptolemaik"