Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Administrasi Jual Beli Masa Raja Firaun di Mesir Kuno

Sistem Administrasi Jual Beli Masa Raja Firaun di Mesir Kuno 

Raja Firaun ialah raja yang telah berkuasa penuh atas negara dalam teori dan memegang kekuasaan atas semua tanah dan sumber dayanya. Firaun juga menjadi komandan militer tertinggi dan kepala pemerintahan, yang bergantung pada birokrasi pejabat untuk mengurusi masalah-masalahnya. 

Oleh karena itu Raja Firaun bertanggung jawab penuh terhadap masalah administrasi adalah orang kedua di kerjaan, sang wazir, yang juga berperan sebagai perwakilan raja yang mengkordinir survey tanah, kas negara, proyek pembangunan, sistem hukum, dan arsip-arsip kerajaan.

Jual Beli Masa Raja Firaun di Mesir Kuno

Sistem Administrasi Jual Beli Masa Raja Firaun di Mesir Kuno

Di level regional, kerajaan telah dibagi menjadi 42 wilayah administratif yang disebut nome, yang masing-masing dipimpin oleh seorang nomark, yang bertanggung jawab kepada wazir. Kuil telah menjadi salah satu tulang punggung utama perekonomian yang berperan tidak hanya sebagai pusat pemujaan, tetapi juga berperan untuk mengumpulkan dan menyimpan kekayaan negara dalam sebuah sistem lumbung dan perbendaharaan dengan meredistribusi biji-bijian dan barang-barang lainnya.

Oleh sebab itu sebagian besar perekonomian diatur secara ketat dari pusat. Bangsa Mesir Kuno belum mengenal uang koin hingga Periode Akhir sehingga mereka menggunakan sejenis uang barter berupa karung beras dan beberapa deben (satuan berat yang setara dengan 91 gram) tembaga atau perak untuk denominatornya.

Para pekerja dibayar dengan biji-bijian; pekerja kasar biasanya hanya mendapat 5 karung (200 kg) biji-bijian per bulan sementara mandor bisa mencapai 7 karung (250 kg) per bulan. Harga tidak berubah di seluruh wilayah negara dan biasanya dicatat utuk membantu perdagangan; misalnya kaus dihargai 5 deben tembaga sementara sapi bernilai 140 deben.

Pada abad ke 5 SM, uang koin mulai dikenal di Mesir. Awalnya koin digunakan untuk nilai standar dari logam mulia dibanding sebagai uang yang sebenarnya; baru beberapa abad kemudian uang koin mulai digunakan sebagai standar perdagangan jual beli.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Sistem Administrasi Jual Beli Masa Raja Firaun di Mesir Kuno"