Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masa Naqada I, Mesir kuno pra dinasti penghasil tembikar

Masa Naqada I, Mesir kuno pra dinasti penghasil tembikar 

Pada waktu masa pra sejarah dan awal dinasti, iklim Mesir lebih subur.  Wilayah Mesir telah ditutupi oleh hutan dan dilalui oleh ungulata yang merumput. Flora dan fauna lebih produktif dan sungai Nil menopang kehidupan unggas-unggas air. Berburuan merupakan salah satu mata pencaharian utama masyarakat Mesir. 

Pada tahun 5500 SM, suku-suku kecil yang tinggal di daerah lembah sungai Nil telah berkembang menjadi peradaban yang menguasai pertanian dan peternakan. Peradaban mereka juga bisa dikenal melalui tembikar dan barang-barang pribadi, seperti sisir, gelang tangan, dan manik. Peradaban yang terbesar di antara peradaban-peradaban awal adalah Badari di Mesir Hulu, yang dikenal akan keramik, peralatan batu, dan penggunaan tembaga.

Guci Masa Mesir Kuno

Guci Masa Mesir Kuno

Di wilayah Mesir Utara, Badari diikuti oleh peradaban Amratia dan Gerzia, yang menunjukkan beberapa pengembangan teknologi. Bukti awal menunjukkan adanya hubungan antara Gerzia dengan Kanaan dan pantai Byblos.

Mesir Selatan, peradaban Naqada, mirip dengan Badari, mulai memperluas kekuasaannya di sepanjang sungai Nil sekitar tahun 4000 SM. Pada masa Naqada I, masyarakat Mesir pra dinasti mengimpor obsidian dari Ethiopia, untuk membentuk pedang dan benda lain yang terbuat dari flake.

Budaya Naqada telah membuat berbagai macam barang-barang material yang menunjukkan peningkatan kekuasaan dan kekayaan dari para penguasanya yaitu seperti tembikar yang dicat, vas batu dekoratif yang berkualitas tinggi, pelat kosmetik, dan perhiasan yang terbuat dari emas, lapis, dan gading. 

Mereka juga mengembangkan glasir keramik yang dikenal dengan nama tembikar glasir bening. Pada fase akhir masa pra dinasti, peradaban Naqada mulai menggunakan simbol-simbol tulisan yang akan berkembang menjadi sistem hieroglif untuk menulis bahasa Mesir kuno.

Post a Comment for "Masa Naqada I, Mesir kuno pra dinasti penghasil tembikar"