Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal Mula Julukan Mbah Bolong Murid Sunan Ampel

Asal Mula Julukan Mbah Bolong Murid Sunan Ampel - Mbah Sonhaji sering disebut Mbah Bolong. Apa pasalnya? ini bukan gelar kosong atau sekedar olok-olokan. Beliau adalah salah seorang murid SunanAmpel yang mempunyai karomah luar biasa.

Kisah Mbah Sonhaji

Pada waktu pembangunan masjid Agung Ampel. Mbah Sonhaji lah yang ditugasi mengatur tata letak pengimamannya. Mbah Sonhaji bekerja dengan tekun dan penuh perhitungan, jangan sampai letak pengimaman masjid itu tidak menghadap ke arah kiblat. 

Ka'bah

Ka'bah

Tapi setelah bangunan pengimamaman itu jadi banyak orang yang meragukan keakuratannya. 

“'Apa betul letak pengimam masjid ini sudah 'menghadap ke kiblat?" demikian tanya orang yang meragukan pekerjaan Mbah Sonhaji. 

Mbah Sonhaji tidak menjawab, melainkan melubangi dinding pengimaman sebelah barat lalu berkata." Lihatlah ke dalam lubang ini, kalian akan tahu apakah pengimaman ini sudah menghadap kiblat atau belum?" 

Baca juga selanjutnya

Orang-orang itu segera melihat ke dalam lubang yang dibuat Mbah Sonhaji. Ternyata di dalam lubang itu mereka dapat melihat Ka'bah yang berada di Mekah. Orang-orang pada melongo, terkejut. kagum dan akhirnya tak berani meremehkan Mbah Sonhaji lagi. Dan sejak saat itu mereka lebih bersikap hormat kepada Mbah Sonhaji dan mereka memberinya julukan Mbah Bolong.

Post a Comment for "Asal Mula Julukan Mbah Bolong Murid Sunan Ampel"