Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Peta dan Candi Pendem Di Jawa Tengah

Gambar Peta dan Candi Pendem Di Jawa Tengah 

Pada Candi Pendem ini memiliki ukuran 11,9 meter x 11,9 meter dan terletak 3-4 meter dari permukaan sawah. Oleh karena itu mengapa candi ini lebih akrab di sebut Candi Pendem.

Tidak lain juga seperti Candi Asu, yang tempatnya tidak jauh dari candi pendem ini, di Candi Pendem juga konstruksinya belum selesai. Seperti di candi lainnya, di kompleks Candi Pendem ada satu motif yang selalu muncul.

Yaitu, motif sulur tanaman yang menjalar yang menaungi binatang di bawahnya, paling banyak burung pelikan. Ini menyimbolkan hubungan erat yang tidak mungkin bisa putus di antara seluruh kehidupan berdasar prinsip Illahi.

Perlu kita ketahui ada dua candi di dekat Candi Pendem, yaitu Candi Asu dan Candi Lumbung. Karenanya, tiga candi itu juga disebut Candi-Candi Sengi, karena letaknya di Desa Sengi,Kecamatan Dukun, sebelum Candi Lumbung dipindah ke Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan.

Candi Pendem ini terdiri dari kaki setinggi 1,88 meter dan sebagian tubuhnya berdekorasi relief. Di antaranya, relief burung di tengah pola hias sulur, pot dengan pola sulur, dan relief gana.
Di tengah-tengah candi terdapat lubang bekas sumur. Seperti dua candi lainnya, Candi Asu dan Lumbung, bahan pembuatan candi adalah batu Andesit dan didirikan pada masa kekuasaan Rakai Hayuwangi.

Candi Pendem


Di Dalam prasasti Salingsingan yang ditemukan dan prasasti Sri Manggala tahun 874, disebutkan kegiatan Dharma atau kegiatan keagamaan banyak dilakukan di tiga candi itu. Tidak ada penyataan yang menyebut Candi Pendem, namun prasasti memperlihatkan candi ini telah ada pada akhir abad VIII-IX.

Dari dulu sampai saat ini, kebanyakan mayoritas penduduk Desa Sengi adalah petani. Kepercayaan pada leluhur yang dominan, membuat tradisi ‘menepi’ masih kuat. Mereka biasa meminta gambaran atas pekerjaan yang dilakukan, yaitu bertani.

Kepercayaan umum adalah jika melihat pohon rindang, maka padi akan tumbuh subur dan laku dijual. Sebaliknya, jika pohon gundul dan tidak berdaun, mereka harus berhati-hati karena sudah ada ‘peringatan’. Untuk mengatasi peringatan tersebut adalah merubah strategi agar tidak terjebak pada kerugian.

Peta Candi Pendem


Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Gambar Peta dan Candi Pendem Di Jawa Tengah"