Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar peta candi gedong songo di Jawa Tengah

Gambar peta candi gedong songo di Jawa Tengah 

Candi Gedong Songo sampai sekarang masih menjadi misteri karena belum bisa diungkap kapan dibangunnya candi ini hingga sekarang, bahkan para arkeolog juga belum bisa memecahkan problem ini. Lokasi candi berada di desa Candi, kecamatan Bandungan, Jawa Tengah. Secara geografis, letak candi ini berada di koordinat -7.210290, +110.342010, yang berada di ketinggian 1200 m di atas permukaan laut.

Sehingga candi gedong songo ini sampai saat ini masih sering dijadikan sebagai bahan penelitian di bidang arkeologi. Tetapi, ada beberapa yang berpendapat bahwa candi gedong songo ini dibangun di masa pemerintahan dinasti Sanjaya Hindu di Jawa yaitu sekitar abad ke-8. Karena alasan ini dilihat dari segi bangunannya.

Dari bentuk dan relief ini telah dijadikan bukti kalau candi gedong songo dibangun di masa pemerintahan dinasti Sanjaya. Hal inilah yang menguatkan teman-teman dari para peneliti berpendapat bahwa candi ini di bangun pada abad ke-8. Tetapi, belum juga ada yang bisa memastikan kapan tahun pembangunan candi gedong songo.

  Candi Gedong Songo

Gambar peta candi gedong songo di Jawa Tengah

Candi Gedong Songo yang terletak di daerah perbukitan itu juga berfungsi untuk tempat pemujaan para pemeluk agama Hindu. Sampai sekarang masih dipercaya oleh umat Hindu bahwa gunung merupakan tempat para dewa alias khayangan atau surganya para dewa. Sehingga bisa dikatakan bahwa candi ini bisa dijadikan sebagai tempat pemujaan bagi para pemeluk agam Hindu.

Karena tempatnya ada di daerah perbukitan, candi gedong songo ini mempunyai bentuk yang mirip dengan komplek Candi Dieng. Maka dari itu bukti inilah yang bisa membuat umat Hindu menjadikan Candi Gedong Songo untuk tempat pemujaan mereka.

 Peta Candi Gedong Songo

Gambar peta candi gedong songo di Jawa Tengah

Peta Candi Gedong Songo di Jawa Tengah Versi Google Map

Baca juga selanjutnya :

Post a Comment for "Gambar peta candi gedong songo di Jawa Tengah"