Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Peta Candi Bima di Dieng Jawa Tengah

Gambar Peta Candi Bima di Dieng Jawa Tengah 

Candi Bima Dieng merupakan candi terbesar yang berada di Dieng. Candi ini mempunyai struktur bangunan dan ukuran candi yang memiliki dengan khas candi-candi Dieng lainnya. Gaya arsitektur dari bawah hingga atas candi lebih cenderung bergaya ala candi-candi yang berasal dari India. 

Candi ini memiliki keunik dari Candi Bima Dieng yaitu mempunyai arca kudu di setiap sisi dindingnya yang selalu menyimbulkan kemegahan dari salah satu candi terbesar yang berada di Dieng.

Dengan ketinggian 8 meter, Candi Bima mempunyai bentuk berbeda dengan candi-candi yang ada di Jawa Tengah pada umumnya.  Dasar Candi Bima berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 4.55 m x 4.55 m. dengan penampil struktur yang agak menonjol keluar menjadikan denah dasar Candi Bima berbentuk segi delapan. 

Bagian atapnya seperti bentuk Shikara dan berbentuk seperti mangkuk yang ditlangkupkan. Bentuk atap candi terdiri atas 5 tingkat, masing-masing tingkat mengikuti lekuk bentuk tubuhnya, makin ke atas makin mengecil atau mengrucut.

Di setiap tingkat dihiasi dengan pelipit padma ganda dan relung kudu. Kudu adalah arca setengah badan yang nampak seolah-olah sedang melihat ke luar. Hiasan ornamen seperti ini terdapat juga di Candi Kalasan. 

 Candi Bima

Gambar Peta Candi Bima di Dieng Jawa Tengah

Puncak atap sudah hancur sehingga tidak diketahui bentuk aslinya. Penampil di bagian depan menjorok sekitar 1,5 m, berfungsi sebagai bilik penampil menuju ruang utama dalam tubuh candi. Penampil di ketiga sisi lainnya membentuk relung tempat meletakkan arca. Saat ini semuanya dalam keadaan kosong. Tak ada satupun arca yang masih tersisa.

Di bagian dalam candi tepatnya pada atap Candi Bima ini memmiliki bentuk kerucut seperti piramida. Pada keempat sisinya terdapat lubang-lubang kecil. Kalau dilihat dari arsitekturnya memang menarik seperti piramida di jaman pubakala yang berumur ribuan tahun silam. 

Ada yang unik yang bisa kita lihat di Candi Bima Dieng yaitu terdapat tembok yang berbentuk pagar mengelilingi bangunan candi ini. Pagar melingkar mengelilingi candi tersebut menjadi tanda bahwa area Candi Bima digunakan untuk upacara adat yaitu upacara Pradaksina pada jaman dahulu kala.

Peta Candi Bima

Gambar Peta Candi Bima di Dieng Jawa Tengah

Peta Candi Bima di Dieng Jawa Tengah Versi Google Map

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Gambar Peta Candi Bima di Dieng Jawa Tengah"