Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan PBI dan PPPKI juga netral terhadap agama

PBI (1931)

Dari Indonesische Studie Club yang dibentuk di Surabaya oleh dr. Sutomo, lahirlah Persatuan Bangsa Indonesia (PBI) pada tahun 1931. Tokoh lainnya adalah Mr. Subroto. PBI bertujuan untuk menyempurnakan derajat bangsa dan tanah air Indonesia berdasarkan kebangsaan Indonesia yang pada hakikatnya mencapai Indonesia merdeka juga.

Kegiatannya dilakukan dengan mengadakan kursus-kursus untuk memajukan perekonomian rakyat sebagai usaha nyata dan praktis. Misalnya, mengadakan koperasi tani yang disebut Rukun Tani dan koperasi pelayaran. Sedangkan untuk pembinaan kader diadakan kepanduan yang bernama Surya Wirawan. 


Terhadap agama sikapnya netral. Nonkooperasi bukan merupakan asas prinsip seperti yang dianut oleh PNI dan Partindo, tetapi taktik insidental. Bila perlu PBI dapat bersikap nonkooperatif misalnya setelah Belanda bertindak terhadap PNI. Namun dalam keadaan biasa PBI dapat bersikap kooperatif. Sikap yang membiarkan anggotanya duduk dalam dewan-dewan pemerintahan Belanda sebagai perorangan disebut kooperatif insidental.

PPPKI (1927).

Kaum nasionalis dalam studie club berusaha bersatu agar dapat cepat mencapai tujuan bersama yaitu Indonesia merdeka. Atas usul PNI yang disetujui PSI dapat dibentuk Permufakatan Perhimpunan-perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) pada tanggal 17 Desember 1927. Anggotanya terdiri atas PNI, PSI, Boedi Oetomo, Pasundan, Sarekat Sumatra, Kaum Betawi, dan Indonesische Studie Club.

Tujuan PPPKI adalah berikut ini :
  • Menyamakan arah aksi kebangsaan, memperkuat diri dengan memperbaiki organisasi, dan kerja sama antara anggota-anggotanya.
  • Menghindarkan perselisihan sesama anggota yang dapat melemahkan.
Organisasinya memiliki Majelis Pertimbangan yang terdiri atas seorang ketua, penulis, dan bendahara, serta wakil-wakil dari anggota. Keputusan diambil berdasarkan suara bulat. Dibandingkan dengan Radicale Concentratie, PPPKI memiliki beberapa kelebihan yaitu sudah benar-benar nasional, berdirinya lebih lama, dan sifatnya umum.

Kegiatan PPKI antara lain menentang segala pasal dalam undang-undang Hukum Pidana yang merintangi orang-orang menyatakan pikiran secara merdeka. Menuntut agar orang-orang yang diasingkan ke Digul dimerdekakan kembali. Membentuk panitia untuk pengajaran kebangsaan. Menyerahkan suatu memorandum kepada Ketua Konferensi Pemburuhan Internasional tentang Poenale Sanctie. Dibentuk dana untuk membiayai propaganda di Indonesia dan luar negeri. Atas usul PNI diangkat PI sebagai wakil di Eropa.

Kelemaham-kelemahan yang dimiliki PPPKI.

  • Gabungan itu tidak memiliki asas dan dasar yang sama. Ada yang berasaskan kebangsaan, agama, dan kedaerahan.
  • Sikapnya terhadap Belanda tidak sama. Ada yang menjalankan nonkooperasi, tetapi ada yang menjalankan kooperasi.

Oleh karena itu, Bung Hatta menyebut PPPKI sebagai persatean bukannya persatuan. Sedangkan Bung Karno berusaha memberikan pengertian agar dijauhkan hal-hal yang sifatnya berbeda-beda dan mengutamakan persatuan demi tercapainya cita-cita bersama.

Banyak tantangan dari PSII dalam PPPKI, seperti protesnya partai itu karena PPPKI menyampaikan selamat atas kongres Muhammadiyah, tidak disetujui adanya Bank Nasional karena bank dianggap memperoleh riba (bunga uang). Akhirnya PSII keluar dari PPPKI (1930).

Untuk menghindarkan perpecahan lebih besar dan agar dapat menarik anggota baru, diadakanlah pembaruan pada PPPKI. Namanya diubah menjadi Persatuan Perhimpuann-perhimpunan Politik Kemerdekaan Indonesia (PPPKI).

Setiap tahun diadakan Kongres Indonesia Raya yang dapat dihadiri juga oleh bukan anggota dengan hak memberikan suara. Kesulitan baru timbul setelah Partindo dilarang mengadakan rapat-rapat, sehingga untuk menjaga agar PPPKI tetap dapat menyelenggarakan rapat-rapat, partai itu keluar dari PPPKI. Dengan demikian maka PPPKI kehilangan anggotanya yang kuat sehingga mengalami kemunduran.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :