Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Etats generaux bersidang 5 mei - 17 juni 1789 dan assemblee nationale 1789

Etats generaux bersidang 5 mei - 17 juni 1789 dan assemblee nationale 1789 

Revolusi Perancis yang dimulai tahun 1789 berlangsung kurang lebih lima belas tahun. Selama itu terjadi perubahan-perubahan besar dalam pemerintahan, yaitu sebagai berikut ini :

1. Etats Generaux Bersidang (5 Mei - 17 Juni 1789).

Dewan ini terdiri atas tiga golongan masyarakat. Golongan I dengan 300 orang, golongan II dengan 300 orang, dan golongan III dengan 600 orang. Golongan I dan II menghendaki pemungutan suara dilakukan atas dasar golongan, sehingga mereka yang sehaluan itu mendapat dua suara dan akan selalu menang terhadap golongan III yang memiliki satu suara. Sebaliknya golongan III menghendaki pemungutan suara secara perorangan.


Hal ini karena mereka telah memiliki setengah jumlah suara yang ada dan mengharapkan dari golongan I dan II ada yang memihak ke golongan III, sehingga dapat memenangkan pemungutan suara.

Perbedaan pendapat tersebut tidak dapat diselesaikan, karena Louis XVI tidak bersikap tegas, sehingga menimbulkan keberanian pada golongan III untuk terus menentang pendapat golongan Idan II.

2. Assemblee Nationale (1789).

Golongan III menyatakan Etats Generaux sebagai Assemblee Nationale, merupakan Dewan Perwakilan Rakyat Perancis dengan sidang-sidang yang tidak mengenal sistem golongan (17 Juni 1789). Peristiwa tersebut sebenarnya secara politik sudah merupakan revolusi.

Baca juga selanjutnya di bawah ini

Post a Comment for "Etats generaux bersidang 5 mei - 17 juni 1789 dan assemblee nationale 1789"