Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerakan kembali ke seni kerajinan (art and craft movement)

Gerakan kembali ke seni kerajinan (art and craft movement) 

Gerakan kembali ke seni kerajinan (art and craft movement) - Keberadaan desain sama tuanya dengan kebutuhan manusia menciptakan karya seni. Pada awal abad ke-20 dalam penulisan sejarah seni rupa, desain ditulis secara terpisah. Hal ini dikarenakan perkembangannya yang semakin cepat dan gaya estetik yang semakin variatif.

Awalnya desain kerap disebut seni yang memiliki guna praktis, baik sebagai tempat hunian, peralatan bantu, alat komunikasi, wadah sesuatu ataupun sebagai sarana penunjang kehidupan sehari-hari manusia. Desain juga sejalan dengan temuan teknologi baru, bahan baru, atau sistem produksi baru. Kemudian berkembang pendapat yang menyatakan bahwa desain ialah pemecahan masalah kebutuhan fisik dan psikologis manusia.

Gerakan kembali ke seni kerajinan (art and craft movement)

Perkembangan desain di Eropa, awalnya merupakan kebiasaan raja dan para bangsawan Prancis untuk memberikan perlindungan istimewa kepada para seniman dan perajin tingkat tinggi di lingkungan kerajaan. Salah seorang Raja Prancis yang banyak mendukung kegiatan itu adalah Louis XIV. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan martabat dan kebesaran kehidupan istana.

Lalu, didirikan juga pabrik untuk memproduksi aneka barang kebutuhan Kerajaan Prancis. Pada tahun 1667, salah satu pabrik yang paling terkenal ialah pabrik Gobelins yang memproduksi aneka permadani, mebel, dan sejumlah kerajinan logam. Meskipun masih dikerjakan tangan pabrik tersebut telah memproduksi barang-barangnya dalam jumlah yang besar dengan mempekerjakan ratusan perajin.

Bahkan, dilengkapi pula dengan balai latihan perajin untuk mendukung ketersediaan tenaga terampil yang semakin meningkat. Namun, setelah masa revolusi industri, ketika pembuatan barang mulai beralih pada penggunaan mesin, lambat laun para perajin mulai tergeser perannya.

Akibat dari itu, sejumlah seniman dan perajin mengadakan ''Gerakan Seni dan Kerajinan'' (Art dan Craft Movement) yang dipimpin oleh John Ruskin dan Willam Morris. Gerakan seniman dan perajin ini menuntut agar barang-barang hasil industri tetap harus memiliki sentuhan keindahan.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Gerakan kembali ke seni kerajinan (art and craft movement)"