Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah pembuatan terusan suez

a. Ferdinand de Lesseps.

Kekandasan Napoleon Bonaparte di Mesir ketika akan menyerang India menyegarkan kembali ide perlunya suatu terusan yang menghubungkan Laut Tengah dengan Laut Merah. Sekitar tahun 1830 seorang insinyur bernama Ferdinand de Lesseps ditempatkan sebagai diplomat Prancis di Mesir.

Ide pembuatan terusan dikemukakan kepada Khedive Muhammad Ali, tetapi mendapat tantangan karena dapat membahayakan Mesir. Tahun 1854 Ferdinand de Lesseps kembali lagi dan idenya mendapat tanggapan dari Khedive Mohammad Said.

Tahun 1854 Ferdinan de Lesseps mendapat konsesi untuk menggali suatu terusan dan mengusahakan terusan tersebut dalam tempo 99 tahun sejak pembukaannya. Perusahaan yang dibentuk bernama Compagnie Universelle du Canal Maritime de Suez.

Bangsa Prancis ialah bangsa yang terkenal dalam bangunan air. Di negerinya banyak terusan telah dibangun sebagai penghubung antar sungai, seperti Marne-Saine Canal, Marne-Rijn Canal, dan Du Midi Canal.

b. Penggali Terusan Suez.

Penggalian Terusan Suez dimulai tahun 1858. Kesulitan yang mula-mula dihadapi ialah bahwa letaknya di daerah gurun pasir. Langkah pertama untuk mengatasinya ialah membuat terusan dari Kairo ke Ismailia sedalam enam meter untuk mengalirkan air tawar dan pengangkutan peralatan.

Sejarah pembuatan terusan suez

Dari Ismailia terusan itu dibagi dua : satu ke Suez dan lainnya ke Port Said. Karena peralatan masih sederhana, terusan yang panjangnya 169 km itu selesai dalam tempo sebelas tahun (1858 - 1869) dengan biaya $ 70 juta.

Tidak jelas berapa banyak tenaga kerja yang dikerahkan dan berapa banyak korbannya. Pembukaan terusan itu dilakukan oleh Eugene, permaisuri Kaisar Napoleon III dari Prancis dengan mempergunakan kapal perang Aigle (1869).

Pada tahun 1870 terusan ditingkatkan agar dapat lebih baik melayani pelayaran dengan jalan memperlebarnya menjadi enam puluh meter dan memperdalamnya menjadi delapan meter. Setelah itu beberapa kali lagi ditingkatkan demi kelancaran pelayaran dan keuntungan yang besar.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Sejarah pembuatan terusan suez"