Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjajahan inggris di selandia baru (new zaeland)

Penjajahan inggris di selandia baru (new zaeland) 

Selandia Baru pada mulanya juga merupakan jajahan Inggris dan selalu mendapat kunjungan James Cook dalam tiga kali penjelajahannya di Pasifik. Nama Cook diabadikan sebagai Selat Cook yang terletak antara dua pulau utama negara itu. Luas wilayahnya 168 km persegi dan jumlah penduduknya 3.027.000 orang (1914).

Penduduk pribumi adalah bangsa Maori sebagai salah satu bangsa Polynesia. Abel Tasman adalah seorang bangsa Barat yang mula-mula sampai di Selandia Baru (1642). Bangsa Maori berhasil mengusirnya, sehingga Abel Tasman melanjutkan perjalanannya ke utara.

Penjajahan inggris di selandia baru (new zaeland)

James Cook tiga kali datang ke Selandia Baru, sehingga Inggris merasa memilikinya pada akhir abad ke-19. Kolonis yang pertama dilakukan oleh missionaris Samuel Morsden dari Sydney. Setelah itu datang kolonis baru dari Inggris. Sampai tahun 1840 Selandia Baru merupakan bagian dari New South Wales.

Tahun 1840 Kapten William Hobson dari Angkatan Laut Inggris menyatakan daerah itu sebagai milik Kerajaan Inggris dan memisahkan diri dari New South Wales. Ibu kotanya dipindahkan dari Auckland ke Welington.

Semakin banyaknya kolonis Inggris menyebabkan bangsa Maori terdesak sehingga mereka mengadakan perlawanan (1860 - 1870), tetapi bisa dikalahkan. Kaum kolonis Selandia Baru memiliki hubungan baik dengan Inggris. Waktu Inggris menghadapi Perang Boer di Afrika Selatan, mereka banyak mengirimkan sukarelawannya. Inggris berkenan memberikan otonomi luas, kemudian memberikan status dominion (1907).

Baca juga di bawah ini :

Semoga artikel yang saya tulis di atas bisa menambah ilmu pengetahuan tentang sejarah pada jaman penjajahan Inggris di negara Selandia Baru sekitar abad ke-19. Saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung di artikel kami, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Penjajahan inggris di selandia baru (new zaeland)"