Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teater terbagi menjadi empat fungsi

Teater terbagi menjadi empat fungsi 

Teater terbagi menjadi empat fungsi - Di dalam bidang kesenian teater salah satunya yang perlu kita ketahui ialah fungsinya, memang teater bisa kita sangkut pautkan dengan beberapa fungsi, yaitu seperti berfungsi untuk keperluan upacara, sebagai media ekspresi, sebagai sarana hiburan dan sebagai media pendidikan. Kali ini yang kita bahas tentang fungsi teater yang telah terbagi menjadi empat, yaitu sebagai berikut :

1. Teater berfungsi sebagai media ekspresi.

Di dalam fungsi media ekspresi teater merupakan salah satu bentuk dari perwujudan suatu seni. Kalau seni musik menekankan pada suara, seni teater menekankan pada perilaku dan dialog atau perbincangan. Seniman teater akan mengekspresikan seninya di dalam bentuk gerakan badan dan kata-kata.

Bermain teater

2. Teater berfungsi sebagai sarana hiburan.

Teater dalam sarana hiburan telah berfungsi sebagai pengertian yang dapat berhubungan dengan tempat, tetapi dapat juga berhubungan dengan kegiatan pertunjukan atau tontonan. Teater diperlukan oleh lingkungan masyarakat untuk hiburan. Oleh karena itu, teater perlu dipersiapkan dengan baik sehingga ketika dipentaskan, penonton atau pemirsa akan merasa terhibur.

3. Teater berfungsi sebagai media pendidikan.

Di dalam media pendidikan teater ialah sebagai seni kolektif, artinya teater tidak bisa dilakukan oelh satu orang, tetapi melainkan harus dilakukan dengan banyak orang. Lewat teater, orang akan diajak untuk berorganisasi dan bekerja sama. Kalau dipentaskan, teater akan memberikan pesan-pesan kepada pemirsa atau penonton. Melalui cerita, penonton atau pemirsa tidak terasa dididik untuk mengerti kebaikan dan kejahatan.

4. Teater berfungsi sebagai keperluan upacara.

Pertama kali teater telah digunakan untuk kepentingan upacara, ialah upacara persembahan kepada dewa Dyonesos dan upacara pesta untuk dewa Apollo atau dewa kemakmuran. Teater di daerah Indonesia sebagian juga ada yang berfungsi sebagai keperluan untuk upacara.

Teater ini biasanya disebut juga teater tradisional. Teater yang berfungsi sebagai keperluan upacara tidak perlu membutuhkan penonton karena penontonnya ialah bagian dari peserta upacara itu atau juga disebut anggota teater.

Saya telah menjelaskan tentang fungsinya teater di dalam suatu pertunjukan, teater telah dibagi menjadi empat fungsi dengan manfaat kegunaannya masing-masing telah dijelaskan dengan sebaik mungkin untuk menerangkan fungsi dari pada teater tersebut.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Teater terbagi menjadi empat fungsi"