Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Musik kolintang (Minahasa)

Musik kolintang (Minahasa) 

Musik kolintang (Minahasa) - Musik kolintang merupakan musik tradisional dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Musik ini berjenis idiolhone, yaitu instrumen yang ditabuh atau diketuk. Musik kolintang termasuk musik perkusi melodis. Tangga nada yang dipakai adalah diatonis yang mampu membawakan lagu jenis minor dan mayor serta mampu membawakan berbagai macam lagu dengan berbagai macam nada dan irama, seperti lagu-lagu daerah, lagu pop Indonesia, lagu wajib Indonesia, dan keroncong.

Pemain kolintang memainkan alat musik dengan posisi berdiri. Setiap group kolintang terdiri sekitar tujuh orang, terdiri atas melodi, ritme, pengiring, kontrabas, dan bas. Bentuk penyajian kolintang dapat berupa instrumentalia atau dengan vokalis (penyanyi). Musik kolintang juga dapat digunakan untuk mengiringi group paduan suara.

Alat musik kolintang

a. Bentuk alat musik kolintang

Bentuk alat musik kolintang sama seperti gambang, saron, dan gender pada gamelan, yang setiap instrumennya terdiri dari bilahan (wilahan) yang dibunyikan degan ditabuh atau dipukul. Perbedaannya, pada musik gamelan bilahnya terbuat dari logam (besi, perunggu) dan dimainkan dengan duduk. Tangga nada (titi laras) yang dipakai adalah pelog dan slendro, yang terbatas dalam membawakan lagu-lagu. Seni musik kolintang saat ini sudah banyak dikenal masyarakat seluruh Indonesia dan dijadikan kekayaan budaya nasional.

b. Media alat musik kolintang

Bahan yang digunakan untuk membuat alat musik kolintang ialah kayu. Jenis kayu yang baik untuk membuat kolintang adalah kayu banderan yang terdapat di hulu sungai daerah pegunungan Lembean, Minahasa. Kayu yang lain adalah kayu walesi, kayu wolo, kayu telor, kayu mawenang, kayu wiutangar, dan kayu waru. Kayu tersebut digunakan untuk bahan pembuat wilahan (bilahan). Adapun untuk tempatnya yang berbentuk kotak (box) dapat dibuat dari kayu jati, kayu kalimantan atau kayu lain yang berkualitas.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Musik kolintang (Minahasa)"