Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mantan istri Zaid di nikahi Rasulullah SAW

Mantan istri Zaid di nikahi Rasulullah SAW - Dari Anas r.a. hadis ini diriwayatkan pula oleh Bahzi r.a. katanya : ''Ketika iddah Zainab (mantan istri Zaid) telah selesai. Rasulullah SAW bersabda kepada Zaid (anak angkatnya) : ''Hai Zaid pergilah engkau melamar Zainab untukku!'' Maka pergilah Zaid menemui Zainab, didapatinya Zainab sedang mengaduk adonan kue.

Zaid berkata : ''Ketika aku melihat Zainab hatiku berdebar sehingga tidak kuasa aku rasanya hendak melihatnya untuk menyampaikan pesan Rasulullah SAW kepadanya. Ya Zainab, aku diutus Rasulullah SAW melamarmu untuk beliau.

Bagaimana tanggapanmu ? ''Zainab menjawab: ''Aku belum dapat membuat suatu keputusan sebelum memperoleh petunjuk dari Tuhanku''. Lalu ia pun pergi ke tempat sholat, untuk melakukan sholat Istikharah. Sementara itu wahyu turun kepada Nabi SAW (Q.S. Al-Ahzab: 37 yang memerintahkan beliau supaya menikahi Zainab).

Kemudian beliau langsung masuk ke dalam rumah Zainab tanpa izin lebih dahulu (karena beliau telah dikawinkan atau dinikahkan Allah SWT seperti dinyatakan dalam ayat 37 Surat Al-Ahzab). Anas berkata : ''Aku masih ingat ketika itu kami dijamu dengan roti dan daging.

Ketika hari telah agak tinggi para tamu sudah banyak yang pulang, hanya tinggal beberapa orang bercakap-cakap dalam rumah. Sesudah makan, Rasulullah SAW keluar menuju rumah para istrinya yang lain dan aku mengikuti beliau dari belakang.

Beliau memberi salam kepada mereka dan mereka menjawab salam beliau sambil bertanya: ''Bagaimana hal istri baru Anda, ya Rasulullah SAW?'' Anas berkata berikutnya : Aku tidak ingat apakah aku yang mengabarkan kepada Nabi SAW atau barang kali beliau yang memberitahu aku bahwa tamu-tamu telah pulang semuanya.

Baca juga selanjutnya di bawah ini


Materi perkembangan Islam (sumatera, kalimantan)

Maka Rasulullah SAW pun pulang kembali ke rumah Zainab dan aku masuk pula bersama-sama beliau. Sesampainya di rumah, Rasulullah SAW menutupkan tirai antara aku dengan beliau. Maka turunlah ayat hijab yang memberi pelajaran kepada kaum Muslimin.'' Ibnu Rafi menambahkan dalam hadisnya,'' Janganlah kamu masuk ke rumah Nabi SAW kecuali bila kamu telah diizinkan masuk untuk makan.''

Post a Comment for "Mantan istri Zaid di nikahi Rasulullah SAW"