Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cabang dan tujuan fungsi seni

Cabang dan tujuan fungsi seni

a. Fungsi dan tujuan seni

Pada dasarnya seni diciptakan untuk memenuhi kebutuhan emosional individu maupun kelompok. Pada zaman Purba, manusia telah mengenal seni yang fungsi dan tujuannya untuk memenuhi kebutuhan emosional dalam kepercayaan sehingga dimanfaatkan sebagai sarana pemujaan dan upacara tertentu.

Fungsi seni dapat digolongkan menjadi dua, yaitu :
a. Fungsi individual, seni diciptakan untuk memenuhi kebutuhan fisik dan emosional penciptanya.
b. Fungsi sosial, seni diciptakan untuk memenuhi kebutuhan fisik dan emosional orang banyak.

b. Cabang-cabang seni

Tuhan menciptakan otak manusia menjadi dua bagian, bagian kanan untuk berpikir dalam bentuk yang eksakta, bagian kiri untuk berkreasi dan berimajinasi. Oleh karena itu, bersyukurlah kita sebagai makhluk berbentuk manusia karena setiap manusia pada prinsipnya memiliki bakat berolah seni. Seni digolongkan menjadi lima, yaitu seni rupa, seni tari, seni sastra, dan seni drama atau teater.

Seni terapan

a. Seni Rupa.
Cabang seni diekspresikan melalui media dua dimensi dan tiga dimensi. Dua dimensi ialah suatu bentuk yang memiliki ukuran panjang dan lebar atau memiliki luas dan hanya dapat dilihat dari satu arah, seperti peta, lukisan, dan foto.

Tiga dimensi adalah suatu bentuk yang memiliki ukuran, panjang, lebar, dan tinggi atau memiliki volume, seperti patung, gedung, dan batu. Cabang-cabang seni rupa ada beberapa, yaitu seni lukis, seni patung, seni grafis, seni ilustrasi, seni dekorasi, dan seni kriya atau kerajinan. Berdasar fungsinya, seni rupa dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu seni murni atau fine art dan seni pakai atau terapan atau applied art.

b. Seni rupa murni (fine art).
Definisnya ialah penjabaran ekspresi dan ide melalui unsur-unsur seni rupa, yang berfungsi sebagai hiasan semata dan hanya menimbulkan kepuasan batin karena bertujuan untuk kepentingan estetika. Jenis karya seni rupa murni, antara lain seni lukis, dan seni patung, sedangkan cabang yang lain yang lebih banyak untuk kepentingan praktis.

c. Seni rupa terapan (applied art).
Karya seni yang digunakan untuk mempercantik benda-benda pakai tanpa mengurangi fungsi dan kegunaan benda yang bersangkutan, namun justru menambah keindahan benda tersebut. Indonesia dengan beribu-ribu pulau dan tiga ratus lebih suku bangsa menjadi negara ini kaya budaya dan keseniannya, dari sisi seni kriya hampir setiap suku memiliki spesifik seni kerajinan yang berbeda-beda.

Baca jug selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Cabang dan tujuan fungsi seni"