Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara sholat jenazah umat muslim (laki dan perempuan)

Cara sholat jenazah umat muslim (laki dan perempuan) - Ketika manusia yang beragama islam atau umat muslim jika meninggal dunia, yang paling utama kita wajibkan jenazah umat muslim tersebut disholatkan sebelum akan dikebumikan. Kalau kalian belum begitu paham untuk memahami mengenai cara sholat jenazah, kali ini saya akan menjabarkannya.

Maka dari itu perlu kita ketahui kalau hukum untuk mengerjakannya adalah fardhu kifayah atau bila tidak ada yang melakukannya maka bagi umat muslim kita akan mendapatkan dosa. Untuk menjalankan sholat jenazah tidak seperti ibadah yang lainnya, karena tidak menggunakan ruku', l'tidal, sujud dan tahiyyat, karena hanya ada empat takbir dan dua salam dan dilakukan dengan berdiri.

Sholat Jenazah

Cara sholat jenazah :

  • Berdiri tegak dan membaca niat : ''Ushalli 'alaa haadzal mayyiti fardhal kifaayatin makmuman/imaaman lillaahi ta'aalaa''.
  • Sesudah takbir yang pertama langsung dilanjutkan dengan membaca surat ''Al-Fatihah''.
  • Sesudah takbir kedua melafadzkan Shalawat kepada Nabi Muhammad : ''Allahumma shalli ' alaa Muhammad''.
  • Sesudah takbir ketiga secara singkat : ''Allahummagh firlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu anhu'' artinya : Ya, Allah ampunilah dia, berilah rahmat, sejahtera da maafkanlah dia.
  • Sesudah takbir keempat membaca : ''Allahuma la tahrim naa ajrahu walaa taftinna ba'dahu waghfirlanaa walahu'' artinya : Ya, Allah janganlah kami tidak Engkau beri pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya, dan berilah ampunan kepada kami dan kepadanya.
  • Setelah selesai menengok ke kanan dan menengok ke kiri dengan membaca salam (Assalamualaikum warahmatullah).
Tetapi ada perbedaan antara sholat jenazah laki-laki dan perempuan, yang perlu diketahui untuk jenazah perempuan (lafazh ''hu'' diganti ''ha'', dhamirnya dirubah menjadi dhamir muannats (kata ganti untuk perempuan).

Begitulah cara sholat jenazah yang saya terangkan semoga menjadi bermanfaat bagi kalian yang belum mengetahui cara-cara menjalankan sholat jenazah, harus diperhatikan ada perbedaan dengan jenazah laki-laki dan perempuan.

Post a Comment for "Cara sholat jenazah umat muslim (laki dan perempuan)"